Jakarta (ANTARA) - Wakil Ketua Umum DPP PKB Jazilul Fawaid menilai pertemuan para pimpinan partai politik koalisi dengan Presiden Joko Widodo pada Rabu (25/8) memberikan pesan positif bagi masyarakat.

"Pesan positif tersebut adalah di tengah kondisi sulit saat ini, para elite politik sudah duduk bersama dalam satu meja. Tentu kita tunggu apa kira-kira kebijakan berikutnya dari pertemuan ini," kata Jazilul Fawaid atau Gus Jazil dalam keterangannya di Jakarta, Kamis.

Menurut dia, sebenarnya parpol koalisi tersebut lebih menyangkut pertemanan apalagi saat ini keadaan sedang sulit, pemerintahan menghadapi COVID-19 tidak mudah sehingga butuh kekompakan dan dukungan dari berbagai pihak.

Hal itu, menurut dia, terutama karena ke depan akan menjadi momentum penting secara politik menjelang berakhirnya masa kepemimpinan Jokowi-KH Ma’ruf Amin pada 2024.

Baca juga: Presiden panggil petinggi partai koalisi ke Istana

"Tentu Presiden ingin kondisi masyarakat, sosial, dan ekonomi pulih menjelang berakhirnya kepemimpinan beliau, makanya masyarakat harus memberikan apresiasi dukungan terhadap silaturahim yang dilakukan para elite parpol koalisi di Istana Negara," ujarnya.

Dia berharap pertemuan elite koalisi parpol itu memperbarui hubungan yang ada di dalam koalisi.

Menurut dia, yang menjadi topik utama adalah untuk kepentingan rakyat, bukan kepentingan orang per orang, kelompok per kelompok karena rakyat sedang menderita.

Gus Jazil berharap pertemuan tersebut untuk memperbarui pola komunikasi yang selama ini ada di partai koalisi.

"Polanya berubah karena COVID-19 sehingga kita semua patut mendorong pertemuan ini bukan untuk agenda yang tidak untuk kepentingan rakyat," katanya.

Baca juga: Wakil Ketua MPR dorong pemerintah percepat distribusi vaksin ke daerah

Sebelumnya, Sekjen DPP PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto menyebutkan pertemuan Presiden Joko Widodo dengan para ketua umum partai politik pendukung pemerintah pada Rabu (25/8) petang dapat memperkuat gotong royong dalam mengatasi pandemi COVID-19.

Hasto dalam siaran persnya mengatakan PDI Perjuangan menyambut baik pertemuan yang dilaksanakan secara periodik antara Presiden Jokowi dengan para ketua umum parpol pendukung pemerintah didampingi para sekjen partai.

"Pertemuan kali ini selain dihadiri Ketum dan Sekjen dari PDI Perjuangan, Gerindra, Golkar, PKB, NasDem, PPP, juga dihadiri PAN. Semangat bergotong royong dan memberikan energi positif bagi pemerintah untuk menangani pandemi sangat terasa," kata Hasto.

Seluruh ketum parpol yang hadir, lanjut dia, merasakan pentingnya gotong royong seluruh komponen bangsa, dan apa yang telah dilakukan Presiden Jokowi di dalam mengatasi pandemi sudah pada "track" yang benar.

Baca juga: Wakil Ketua MPR harapkan masyarakat bersatu dan tak gaduh

Pewarta: Imam Budilaksono
Editor: Herry Soebanto
Copyright © ANTARA 2021