Jangan sia-siakan kesempatan ini untuk memberikan penampilan terbaik
Jakarta (ANTARA) - Timnas bola basket U-18 putra dan putri Indonesia bertolak ke Hungaria melalui Bandara Soekarno-Hatta, Minggu malam WIB, untuk mengikuti FIBA 3x3 World Cup U-18 yang dijadwalkan bergulir 24-29 Agustus.

Lie Wen selaku penanggung jawab mengatakan Indonesia mengirim masing-masing empat atlet putra dan putri. Mereka dipimpin team delegate yang terdiri atas Taufik Ismail untuk timnas putri dan Syafil Ali Mubarak untuk putra.

"Apa yang kita khawatirkan tidak terjadi. Semua hasil tes swab PCR negatif sehingga mereka berangkat membela Merah Putih di FIBA World Cup U-18 di Hungaria," kata Wahyu Gunarto, nama lain Lie Wen dalam rilis resmi PP Perbasi, Minggu malam.

Baca juga: Timnas 3x3 siap tampil maksimal di FIBA World Cup U-18

Tim putra Indonesia tergabung di Pool A dan debut berhadapan dengan Brazil pada 24 Agustus pukul 14:00 WIB. Pada hari yang sama, mereka akan kembali bertanding melawan Ukraina pukul 14:40 WIB.

Setelah itu, Indonesia akan kembali berjuang berhadapan dengan Prancis pada 26 Agustus pukul 12:05 WIB dan Kazakhstan pukul 14:55 WIB.

Tim putra Indonesia akan berjuang dalam empat laga tersebut untuk bisa lolos ke semifinal.

Sementara timnas putri, Indonesia akan mengawali perjuangan di Pool C berhadapan dengan Jerman pada 25 Agustus pukul 20.40 WIB.

Dua hari berselang, mereka akan bertanding menghadapi Israel pukul 18.00 WIB dan disusul bertemu Latvia pukul 19:15 WIB.

Sebelum bertolak ke Hungaria, PP Perbasi melepas timnas basket 3x3. Dalam acara pelepasan hadir Sekjen PP Perbasi Nirmala Dewi, Wakil Ketua Umum PP Perbasi Bidang Pembinaan dan Prestasi George F. Dendeng, serta Wakil Ketua Umum PP Perbasi Bidang Bisnis dan Marketing Francis Wanandi.

Baca juga: FIBA 3x3 World Cup jadi ajang timba pengalaman timnas Indonesia

"Kami datang untuk memberikan motivasi kepada para pemain bahwa bermain di event sekelas World Cup merupakan kesempatan langka," kata Nirmala.

"Jangan sia-siakan kesempatan ini untuk memberikan penampilan terbaik. Tunjukkan bahwa kita bangsa pertarung. Apalagi di kejuaraan ini, banyak pengalaman dan pelajaran bisa diambil untuk masa depan pemain itu sendiri," ujar Nirmala menambahkan.

Team delegate Timnas Bola Basket Indonesia U-18 putri Taufik Saleh mengatakan para pemain sudah siap memberikan penampilan terbaik pada setiap laga.

Totalitas akan dipertunjukkan demi menjaga harga diri bangsa di kancah dunia. "Minimal kami harus bisa mengambil satu dari tiga pertandingan di Pool C," katanya.

Baca juga: Timnas basket 3x3 putri akan berlaga di FIBA U-23 World Cup

Pewarta: Muhammad Ramdan
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2021