Sorong (ANTARA) - Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) memberikan izin operasional pendirian Universitas Okmin Papua melalui surat keputusan Menteri Nomor 344/E/O/2021.

Plt. Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi, Nizam dalam siaran pers yang diterima Antara dari Biro Kerja Sama dan Humas Sekjen Kemendikbudristek, Kamis, menjelaskan izin pendirian Universitas Okmin Papua di Kabupaten Pegunungan Bintang, Provinsi Papua, dikeluarkan bertepatan dengan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke 76 tahun.

"Kini Universitas yang diprakarsai oleh Yayasan Pendidikan Okmin Papua tersebut telah beroperasi untuk memajukan sumber daya manusia Papua," ujarnya

Menurut dia, kehadiran perguruan tinggi tidak hanya mengembangkan SDM, tetapi juga membangun ekonomi, kesejahteraan sosial dan memajukan masyarakat Papua, khususnya Kabupaten Pegunungan Bintang dan kawasan sekitarnya.

Baca juga: Kemendikbudristek dukung pendirian Universitas Okmin Papua

Baca juga: Senat UNIPA hentikan sementara kegiatan akademik Kampus


“Saya berharap teman-teman Universitas Okmin selain nanti membangun sumber daya manusia, juga membangun sumber perekonomian masyarakat. Kampus juga harus menjadi mata air bagi pembangunan di daerah,” ujar Nizam.

Ia mengingatkan para dosen Universitas Okmin agar turut membangun pengabdian masyarakat, penelitian serta fokus pada pengembangan potensi di daerah.

Dirinya juga mengajak para dosen untuk memaknai pendirian Universitas ini sebagai satu langkah sejarah penting bagi masyarakat di Pegunungan Bintang dan menjadi lembaran baru untuk kemajuan Papua ke depan.

“Gotong royong antar pemangku kebijakan pendidikan sangat penting dilakukan, seperti perguruan tinggi yang sudah ada, pemerintah daerah, masyarakat, dan industri, Agar dapat maju bersama dalam membangun tanah Papua,” ujar Dirjen Nizam.

Bupati Pegunungan Bintang, Spei Yan Bidana yang memberikan keterangan terpisah, menyampaikan bahwa impian dan harapan Papua akan menjadi nyata dengan masuknya pendidikan tinggi ke tanah Papua.

“Tidak ada yang lain selain pendidikan. Pendidikan adalah jendela dunia, bagaimana orang buka pintu melalui jendela untuk mengetahui dirinya, dengan demikian pendidikan menjadi kunci pintas di Papua dan di Indonesia mencerdaskan semua bangsa,” tuturnya.

Bupati Spei menyatakan hadirnya Universitas Okmin Papua menjadi hadiah dalam rangka HUT Kemerdekaan ke-76 RI untuk Papua dan bisa menjadi tonggak kemajuan pendidikan di daerahnya.

Dirinya berharap, mahasiswa yang menempuh pendidikan di Universitas Okmin Papua kelak akan menjadi pemimpin nasional bagi kemajuan bangsa.*

Baca juga: JDP LIPI sampaikan 4 hal kunci dalam implementasi UU Otsus Papua

Baca juga: Wapres berharap Universitas Cendrawasih Papua jadi wadah pemikir

Pewarta: Ernes Broning Kakisina
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2021