Ini sebagai upaya mengantisipasi perkembangan politik yang dramatis atau situasi yang semakin tidak kondusif
Jakarta (ANTARA) - Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) meminta pihak Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) bersama Kedutaan Besar RI di Afghanistan untuk segera menyiapkan upaya evakuasi warga negara Indonesia (WNI) yang berada di Afghanistan

"Ini sebagai upaya mengantisipasi perkembangan politik yang dramatis atau situasi yang semakin tidak kondusif, di samping tetap terus melakukan pemantauan mengenai situasi keamanan di Afghanistan," kata Bamsoet dalam keterangan tertulis, di Jakarta, Rabu.

Bamsoet juga meminta Kemenlu RI untuk segera menginstruksikan ke KBRI agar mendata WNI yang berada di Afganistan, serta terus memantau kondisi dan perkembangan politik serta keamanan guna memastikan keselamatan WNI dan staf KBRI di negara tersebut.

"Meminta komitmen Pemerintah RI untuk dapat memastikan bahwa keselamatan WNI termasuk staf Kedutaan Besar RI (KBRI) di Kabul menjadi prioritas bagi Pemerintah," kata Bamsoet menegaskan.

Saat ini, kata Bamsoet, Pemerintah terus mematangkan rencana evakuasi bagi sekitar 15 WNI yang masih berada di Afghanistan. Kondisi negara tersebut, kata dia, dalam ketidakpastian, setelah kelompok Taliban menguasai pemerintahan pada Minggu (15/8).

Bamsoet juga berharap penyelesaian gejolak politik di Afghanistan dapat segera terjadi agar dapat menciptakan perdamaian, sebagaimana yang sangat diharapkan oleh masyarakat Afghanistan dan dunia internasional.
Baca juga: Pemerintah matangkan rencana evakuasi WNI dari Afghanistan
Baca juga: Situasi Afghanistan memburuk, pemerintah pertahankan KBRI Kabul

Pewarta: Fauzi
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2021