Jakarta (ANTARA) - Duta Besar Prancis untuk Indonesia Olivier Chambard menyampaikan ucapan selamat Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia ke-76 tepat pada Selasa, 17 Agustus 2021.

“Di hari yang istimewa ini, saya Olivier Chambard, Duta Besar Prancis untuk Indonesia, mengucapkan Selamat Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-76 kepada seluruh rakyat Indonesia,” kata Chambard dalam sebuah video melalui akun Twitter di Jakarta, Selasa.

Ia juga menyampaikan harapannya bagi kedua negara terkait situasi dan kondisi sulit akibat pandemi COVID-19.

“Dalam kondisi sulit yang dikarenakan wabah corona, semoga kita segera pulih dan bangkit kembali,” ujarnya. Selain itu, Chambard juga berharap hubungan erat antara Indonesia dan Prancis dapat terus terjaga dan berkembang.

“Dan semoga persahabatan dan kerja sama antara Prancis dan Indonesia yang erat dan terus berkembang,” katanya.

Presiden Joko Widodo bersama Wakil Presiden Ma'ruf Amin beserta jajaran kabinet, anggota parlemen, dan para undangan menghadiri Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia yang diselenggarakan di Istana Merdeka, pada Selasa.

Presiden Joko Widodo sebelumnya dalam pidato kenegaraan mengatakan, krisis, resesi, dan pandemi itu seperti api sehingga jika memungkinkan memang harus dihindari tetapi jika hal itu tetap terjadi, banyak hal yang bisa diambil sebagai pelajaran.

Kepala Negara menyatakan keinginan agar pandemi ini bisa menjadikan semua untuk mawas diri, memperbaiki diri, dan menguatkan diri dalam menghadapi tantangan masa depan.

Presiden dalam sidang tahunan juga mengatakan bahwa pandemi itu seperti kawah candra dimuka yang menguji, yang mengajarkan, dan sekaligus mengasah.

Pandemi dikatakan Presiden, memberikan beban yang berat kepada semua, beban yang penuh dengan risiko, dan memaksa semua untuk menghadapi dan mengelolanya.

Baca juga: Awak Dewaruci Meriahkan HUT RI di Paris
Baca juga: Gloria pilih berbahasa Sunda ketimbang Prancis
Baca juga: Klub-klub Eropa ucapkan selamat HUT Kemerdekaan RI ke-75


Pewarta: Juwita Trisna Rahayu
Editor: Atman Ahdiat
Copyright © ANTARA 2021