Aksi membagikan beras itu sebagai respon terhadap masalah kebangsaan dan keummatan yang sedang dihadapi rakyat di Tanah Air, apalagi kaum dhuafa dan anak yatim.
Banda Aceh (ANTARA) - Badan Koordinasi Himpunan Mahasiswa Islam (Badko-HMI) Aceh menyalurkan sebanyak 1 ton beras dan bahan pokok lainnya kepada anak yatim dan dhuafa, sebagai upaya membantu warga di tengah pandemi COVID-19 dalam momentum HUT ke-76 Kemerdekaan Republik Indonesia.

Ketua Umum Badko HMI Aceh Abdul Razak di Banda Aceh, Senin, mengatakan aksi membagikan beras itu sebagai respon terhadap masalah kebangsaan dan keummatan yang sedang dihadapi rakyat di Tanah Air, apalagi kaum dhuafa dan anak yatim.

"Tujuannya guna menumbuhkan semangat berbagi dan saling peduli agar negeri ini segera pulih, ekonominya tumbuh, dan masyarakat sejahtera," katanya.

Ia menambahkan sudah sepatutnya antarsesama insan saling meringankan dan berbagi. Tidak hanya pada momentum hari kemerdekaan RI, tetapi begitu juga pada hari-hari biasanya.

Menurut dia aksi membagikan beras itu merupakan lanjutan dari rangkain Badko HMI Aceh Peduli, meliputi Gerakan Biasa Bersih guna memutus mata rantai COVID-19 yang telah digagas beberapa waktu lalu.

“Kita berharap ujian bangsa akan berakhir jika tetap bersatu dan saling peduli antarsesama. Tanpa membedakan ras, suku, dan agama. Berat sama dipukul ringan sama dijinjing," kata Abdul Razak.

Sementara itu, Koordinator Lapangan kegiatan itu Amril Katalies mengatakan total beras yang dibagikan mencapai 1 ton, serta kebutuhan bahan pokok lain seperti minyak makan, telur dan mie instan. Harapannya, bantuan itu dapat meringankan beban masyarakat yang terdampak COVID-19, terutama anak yatim dan dhuafa.

"Melalui momentum tahun baru 1443 Hijriah dan HUT RI, kita terus pupuk semangat peduli berbagi, saling bahu membahu dan jangan saling menyalahkan. Karena persatuan adalah prasyarat merdeka dari pandemi," katanya.

Badko HMI Aceh membagikan sembako di empat titik kawasan Kota Banda Aceh dan Aceh Besar, meliputi Dayah Al Aziziyah Lueng Bata, Dayah Mini Tibang, Dayah BTRG Ceurih, dan Panti Asuhan Yakesma, Lambateung.

"Dengan adanya bantuan dari Badko HMI Aceh ini sangat bermanfaat bagi kami. Semoga Allah memberikan keberkatan pada kegiatan ini semua," kata Pimpinan Dayah Mini Umar Rafsanjani, usai menerima bantuan beras itu.

Baca juga: Muslim Eropa-Turki sumbang hewan kurban untuk dhuafa-yatim Aceh

Baca juga: Warga Banda Aceh diminta patuhi prokes saat ambil bantuan beras PPKM

Baca juga: Aceh Besar luncurkan bantuan beras sosial untuk 21.116 KPM PKH

Baca juga: Pemkot salurkan 64,82 ton beras bantuan Qatar Charity di Banda Aceh

 

Pewarta: Khalis Surry
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2021