Jakarta (ANTARA) - Son Heung-min mencetak gol semata wayang yang memaksa juara bertahan Manchester City membuka musim mereka di Liga Inggris 2021/22 dengan menelan kekalahan 0-1 melawan Tottenham Hotspur di Stadion Tottenham Hotspur, London, Minggu.

Son mencetak golnya pada menit ke-55 dan Tottenham mampu mempertahankan keunggulan tersebut demi menandai debut kompetitif mereka di bawah Nuno Espirito Santo berbuah kemenangan.

Hasil tersebut jadi catatan hitam bagi Pep Guardiola, sebab City yang 10 musim sebelumnya selalu sukses memenangi pertandingan pertamanya di Liga Inggris.

Terlebih lagi, City sebelumnya juga kalah dalam pertandingan Community Shield melawan Leicester City dan mereka jadi tim juara bertahan Liga Inggris pertama setelah Chelsea pada 2017/18 yang mengawali musim dengan kekalahan.

Catatan statistik laman resmi Liga Inggris memperlihatkan City tampil mendominasi lebih dari 65 persen penguasaan, tapi tak satu pun dari 18 percobaan tembakan mereka membuahkan gol.

Baca juga: Guardiola akui keadaan Man City saat ini sama seperti musim lalu

Skuat mahal City sudah memperoleh peluang bagus pada menit kelima saat kiper Hugo Lloris gagal mengamankan umpan silang Benjamin Mendy, tetapi Fernandinho yang menyundul bola malah gagal menemui mulut gawang yang menganga.

Lantas pada menit ke-35 Riyad Mahrez berdiri bebas tanpa kawalan menerima umpan silang kiriman Raheem Sterling, sayang tembakan volinya melenceng dari sasaran.

Tottenham yang memang lebih banyak tertekan dan mengandalkan serangan balik nyaris mencuri keunggulan lima menit jelang turun minum, sayang penyelesaian Son masih melenceng setelah membentu Joao Cancelo.

Skor kacamata bertahan hingga turun minum sebelum kemudian tuan rumah memecahkan kebuntuan pada menit ke-55 lewat sebuah serangan balik yang diakhiri aksi Son mengecoh Nathan Ake sebelum melepaskan tembakan melengkung yang tak terantisipasi jangkauan kiper Ederson Moraes.

Baca juga: Tottenham akan fokus pada diri sendiri jelang laga lawan Man City

Serangan balik Tottenham hampir membuahkan gol lagi lima menit kemudian, tetapi kali ini sepakan Steven Bergwijn hanya menghantam jala luar gawang City.

Pemain termahal Liga Inggris, Jack Grealish berkesempatan untuk membawa City menyamakan kedudukan pada menit ke-75 saat menerima umpan terobosan dari Ferran Torres, tetapi tembakannya masih belum cukup untuk menaklukkan kiper Hugo Lloris.

Delapan menit kemudian, Lloris melakukan penyelamatan gemilang lainnya untuk menepis tembakan melengkung yang dilepaskan Kevin De Bruyne dari tepian kotak penalti demi menjaga keunggulan Tottenham hingga peluit tanda laga usai terdengar.

Nuno Santo selanjutnya akan menjalani reuni kecil dengan Wolverhampton saat memimpin Tottenham melawat ke Molineux pada Minggu (22/8) pekan depan, sedangkan City sehari sebelumnya akan menjamu tim promosi Norwich City di Etihad.

Sebelum itu pada Kamis (19/8), Tottenham terlebih dulu akan bertandang ke Portugal melawan Pacos de Ferreira dalam pertandingan leg pertama playoff kualifikasi Liga Conference.

Baca juga: West Ham bangkit amankan tiga poin dari kandang Newcastle
Baca juga: Mohamed Salah pecahkan rekor saat bantu Liverpool bungkam Norwich
Baca juga: Everton bangkit lawan Southampton, Vardy bawa Leicester atasi Wolves

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2021