Jakarta (ANTARA) - Pengundian ulang Grup G sampai K Kualifikasi Piala Asia U-23 2022 oleh AFC di Kuala Lumpur, Rabu (11/8), tidak mengubah komposisi lawan Indonesia di Grup G.

Dikutip dari laman AFC di Jakarta, Rabu, hasil pengundian ulang tersebut hanya memindahkan Hong Kong dari Grup I ke Grup K, untuk bergabung dengan Jepang dan Kamboja.

Sementara di Grup G, di mana Indonesia menjadi tuan rumah, tetap beranggotakan Indonesia, Australia, China dan Brunei Darussalam.

Baca juga: PSSI: tiga asisten pelatih timnas Indonesia asal Korsel mundur

AFC memutuskan untuk melakukan pengundian ulang setelah Korea Utara, yang sebelumnya menghuni Grup K, mengundurkan diri.

Di Indonesia, Kualifikasi Piala AFC 2022 akan berlangsung pada 27-31 Oktober 2021.

Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) membagi Kualifikasi Piala Asia U-23 2022 ke dalam dua wilayah besar yaitu Barat, yang terdiri atas tim Asia Barat, Asia Selatan dan Tengah, serta Timur yang dihuni tim-tim Asia Timur serta Asia Tenggara termasuk Australia.

Ada enam grup yang masuk wilayah Barat yakni Grup A sampai Grup F. Total ada 23 tim yang bersaing di kawasan itu.

Sementara di region Timur ada 18 tim, termasuk Indonesia, yang dibagi ke dalam lima grup, dari Grup G hingga Grup K.

Baca juga: PSSI sayangkan Shin Tae-yong tersangkut kasus COVID-19 di Korsel

Nantinya, dari 41 tim yang bertanding di kualifikasi, sebanyak 15 kesebelasan berhak lolos ke Piala Asia U-23 2022, mendampingi tuan rumah Uzbekistan.

Sebanyak 15 tim terbaik tersebut adalah 11 juara grup dan empat peringkat kedua terbaik.

Terkait catatan Indonesia di Piala Asia U-23, sejak AFC menggelar turnamen tersebut tahun 2013, skuad 'Garuda' yang saat ini dilatih Shin Tae-yong belum pernah sekali pun tampil di putaran utama lantaran kerap gagal lolos dari fase kualifikasi.

Baca juga: PSSI tak masalah AFC undi ulang Grup G-K Kualifikasi Piala Asia U-23
Baca juga: PSSI upayakan TC timnas tetap digelar awal Agustus 2021


 

Pewarta: Michael Siahaan
Editor: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Copyright © ANTARA 2021