Kedua sikap itu perlu diperkuat dan disuburkan kembali di setiap kalangan sehingga pandemi ini bisa dilalui secara bersama-sama
Surabaya (ANTARA) - Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI, AA La Nyalla Mahmud Mattalitti, mengingatkan pentingnya nilai-nilai toleransi dan solidaritas saat menghadapi pandemi COVID-19.

"Kedua sikap itu perlu diperkuat dan disuburkan kembali di setiap kalangan sehingga pandemi ini bisa dilalui secara bersama-sama," ujarnya di sela masa reses di Surabaya, Sabtu.

Menurut dia, lonjakan kasus positif COVID-19 di Indonesia hingga saat ini sangat fluktuatif, bahkan sering di luar prediksi.

Baca juga: Ketua DPD RI sarankan pemetaan daerah prioritas dapatkan vaksin

Wabah Corona, kata dia, juga dapat menyerang siapa saja, tidak mengenal usia, status sosial serta jenis kelamin sehingga setiap orang berpotensi terpapar.

"Yang diperlukan kemudian adalah kesadaran penuh dari setiap orang untuk saling mendukung dan memberikan semangat satu dan yang lainnya," ucap Senator asal Jawa Timur itu.

Fakta-fakta di lapangan terkait merebaknya virus ini, lanjut La Nyalla, diharapkan menumbuhkan rasa empati dan saling membantu.

"Orang yang mempunyai kelebihan ekonomi harusnya membantu yang miskin, yang memiliki kemampuan dan waktu bisa menjadi relawan dan lain-lain," kata mantan Ketua Kadin Jatim tersebut.

Bagi La Nyalla, wabah COVID-19 juga harus mampu menumbuhkan rasa solidaritas untuk membantu sesama, tanpa melihat suku, agama, ras atau golongan.

"Sekarang saatnya bergotong-royong, bukan saling menghujat atau menyalahkan apalagi ketidakpedulian," tutur dia.

Ia mengingatkan para tokoh masyarakat untuk memberikan contoh bertoleransi yang baik sehingga bisa menjadi panutan, dan bukan kontroversial agar bisa membangun komunikasi yang tepat.

Mantan ketua umum PSSI tersebut mengapresiasi berbagai komunitas lintas agama, lintas etnik, lintas golongan dari Sabang sampai Merauke yang melakukan gerakan-gerakan sosial bagi masyarakat terdampak COVID-19.

Baca juga: Ketua DPD RI apresiasi dua daerah di Jatim vaksinasi capai 70 persen
Baca juga: La Nyalla minta Pemprov Jatim permudah nelayan kecil akses BBM subsidi


 

Pewarta: Fiqih Arfani
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2021