Jakarta (ANTARA) - Mengisi bulan Kemerdekaan RI ke 76, Partai Solidaritas Indonesia (PSI) membagikan paket nasi kotak di seluruh Indonesia dalam program "Rice Box Solidaritas Kemerdekaan" dengan target satu juga porsi dibagikan ke 100 kota dan kabupaten.

"Kegiatan 'Rice Box Solidaritas Kemerdekaan' ini bertujuan membantu masyarakat yang sedang isolasi mandiri serta terdampak pandemi COVID-19," kata Ketua Umum DPP PSI Grace Natali, dalam acara peluncuran 'Rice Box Solidaritas Kemerdekaan' yang ditayangkan secara langsung di akun media sosial DPP PSI, Minggu.

Menurut Grace, "Rice Box PSI" sudah dilaksanakan sejak April lalu, diawali oleh pengurus dan anggota legislatif yang berkontribusi, namun sejak dua minggu yang lalu, PSI mengundang partisipasi publik sehingga daya jangkau"'rice box" bisa lebih luas.

Grace mengaku terkejut dengan antusias publik mendukung program tersebut, dalam dua pekan sudah ada sekitar 1.400 donatur dengan nilai donasi lebih dari Rp2 miliar atau setara dengan 200 ribu kotak nasi.

Baca juga: PSI perintahkan kader awasi program kerja pemda terkait COVID-19

"Nilai donasi berbeda-beda, ada yang Rp100 ribu, ada juga yang jutaan rupiah. Kami sangat berterima kasih dan terharu dengan partisipasi publik yang luar biasa ini. Terimamkasih karena telah menaruh kepercayaan pada PSI," kata Grace.

Menurut Grace, dengan bantuan para donatur, PSI dapat memperlua jangkauan wilayah penerima "Rice Box Solidaritas Kemerdekaan" tersebut ke sejumlah kabupaten dan kota di tanah air.

"Jika memungkinkan, dengan bantuan para donatur yang berhati mulia, 1 juta rice box bisa kita bagikan di 100 kota dan kabupaten," kata Grace.

Grace menegaskan, apa yang dilakukan PSI hanya memulai, berharap kegiatan serupa bisa menular agar Indonesia bisa bertahan dari situasi sulit akibat pandemi COVID-19.

"Membantu sesama tak perlu menunggu kaya dulu. Cukup dengan Rp 10 ribu, itu sudah sangat berarti untuk sesama," kata Grace.

Baca juga: PSI: Pemerintah pasti hati-hati distribusikan vaksin COVID-19

Ia pun menambahkan, acara peluncuran 'Rice Box Solidaritas Kemerdekaan' ini juga dimaksudkan sebagai bentuk keterbukaan dan pertanggung jawaban ke publik. Misalnya, soal teknis pembagian dan profil penerima manfaat.

Ketua DPP PSI Isyana Bagoes Oka menambahkan partisipasi publik menambah daya jangkau 'Rice Box Solidaritas Kemerdekaan" bisa lebih luas lagi.

Ada dua lokasi pembagian yang ditampilkan dalam acara peluncuran tersebut. Pertama peluncuran oleh Plt Sekjen DPP PSI Dea Tunggaesti di Cilincing, Jakarta Utara, dan kedua peluncuran oleh Ketua DPW PSI Banten Azmi Abubakar di Ciputat, Tangerang Selatan.

"Untuk dua lokasi itu kebetulan tidak ada pembagian untuk isolasi mandiri. Nah, untuk yang isoman tidak ada kontak langsung. Makanan ditaruh di pagar atau gagang pintu. Kami sangat memperhatikan protokol kesehatan," kata Isyana.

Baca juga: PSI apresiasi pemberian Bintang Jasa untuk tenaga medis yang gugur

Pewarta: Laily Rahmawaty
Editor: Joko Susilo
Copyright © ANTARA 2021