UNS dorong perguruan tinggi tingkatkan pengelolaan kampus hijau

id UNS, UI GreenMetric 2021

Ketua pemeringkatan UI GreenMetric Murtanti (kanan) dan Koordinator "green campus" untuk UNS Suryanto saat memberikan keterangan kepada wartawan di Solo, Selasa (27/7/2021). ANTARA/Aris Wasita

Solo (ANTARA) - Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta mendorong perguruan tinggi (PT) di Indonesia meningkatkan pengelolaan kampus hijau sebagai bagian dari upaya kelola lingkungan berkelanjutan.

Koordinator "green campus" untuk UNS Suryanto di Solo, Selasa mengatakan pesan tersebut akan disampaikan pada pelaksanaan "Lokakarya Nasional UI GreenMetric 2021" di mana pada tahun ini UNS menjadi tuan rumahnya.

Ia mengatakan lokakarya yang akan dilaksanakan pada tanggal 28-29 Juli 2021 tersebut rencananya akan mendatangkan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI Siti Nurbaya. Selain itu, dikatakannya, akan ada narasumber dari perwakilan sejumlah perguruan tinggi, di antaranya Universitas Indonesia, Universitas Diponegoro, Institut Pertanian Bogor, Universitas Negeri Malang, dan Universitas Negeri Padang.

Lebih lanjut dikatakannya, juga akan ada perwakilan dari Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta, Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Universitas Gajah Mada, Universitas Sebelas Maret, Universitas Negeri Semarang, Universitas Terbuka, Universitas Dinamika, Universitas Katolik Parahyangan, dan Universitas Hasanuddin.

Baca juga: FEB UNS buka kelas internasional untuk jawab tantangan global

Baca juga: Alumnus UNS ikut ambil peran lestarikan lingkungan lewat seni lukis


Pihaknya berharap lokakarya tersebut dapat meningkatkan komitmen dan memperluas partisipasi perguruan tinggi dalam pengelolaan kampus hijau.

"Dalam lokakarya ini akan dipresentasikan praktik-praktik keberhasilan implementasi dari UI GreenMetric termasuk pelatihan pengisian kuisioner UI GreenMetric. Selain itu akan dibahas mengenai isu pengelolaan lingkungan yang berkelanjutan di perguruan tinggi," katanya.

Menurut dia, tujuan diselenggarakannya lokakarya tersebut, di antaranya menumbuhkan kesadaran akan pentingnya pengelolaan lingkungan berkelanjutan, meningkatkan komitmen dan memperluas partisipasi perguruan tinggi dalam pengelolaan kampus hijau, menambah pengetahuan seluruh partisipan untuk meningkatkan kontribusi Indonesia dalam mencapai SDGs 2030 khususnya dalam masa pandemi COVID-19.

"Selain itu juga mendorong perubahan nyata untuk bertindak mengatasi tantangan global yang muncul melalui kerja sama secara global secara berkelanjutan," katanya.

Sementara itu, Ketua pemeringkatan UI GreenMetric Murtanti mengatakan akan ada pemeringkatan yang dilakukan secara sistematis.

"Pemeringkatan ini terkait enam bidang, yakni setting dan infrastruktur, energi dan perubahan iklim, limbah, air, edukasi, dan transportasi," katanya.

Baca juga: UNS akan terapkan PTM bersyarat dan bertahap

Baca juga: FT UNS kembangkan selang alat bantu pernapasan untuk pasien COVID-19

 

Pewarta : Aris Wasita
Editor: Zita Meirina
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar