Olahraga surfing ini sangat potensial menjadi olahraga andalan karena Indonesia memiliki banyak pantai
Jakarta (ANTARA) - Ketua Umum Komite Olimpiade Indonesia (KOI) Raja Sapta Oktohari menilai bahwa peselancar Rio Waida mempunyai potensi luar biasa untuk berprestasi di Olimpiade mendatang setelah melihat perjuangan kerasnya di Olimpiade Tokyo.

“Rio itu usia sangat muda 21 tahun dan punya potensi yang sangat luar biasa. Penampilan di Tokyo ini menjadi sebuah pelajaran berharga untuk bisa lebih baik ke depan," kata pria yang karib disapa Okto itu dalam siaran pers KOI, Senin.

Dengan potensi yang dimiliki, Rio pun menurutnya harus terus menambah jam terbangnya apalagi cabang olahraga surfing dipastikan akan dipertandingkan dalam tiga penyelenggaraan Olimpiade mendatang, yakni Paris (2024), Los Angeles (2028), Brisbane (2032).

Baca juga: Rio Waida kesulitan berburu ombak karena angin kencang

Demi memaksimalkan potensi, KOI akan mengawal langsung pergerakan Rio Waida dan timnya untuk menyusun program pembinaan dan kalender kejuaraan yang akan diikuti. Hal ini dilakukan sesuai dengan Grand Design Olahraga Nasional yang disusun oleh Kemenpora demi peningkatan prestasi olahraga nasional terutama di ajang Olimpiade.

“Olahraga surfing ini sangat potensial menjadi olahraga andalan karena Indonesia memiliki banyak pantai. Saya yakin kita memiliki banyak atlet selancar seperti Rio yang potensial untuk tampil di Olimpiade," ujarnya.

Terlepas dari hasil yang diraih Rio di Tokyo, Okto menilai bahwa pria berdarah Indonesia-Jepang itu telah berupaya maksimal menaklukkan peselancar tuan rumah Kanoa Igarashi dalam putaran ketiga Olimpiade Tokyo.

“Kami baru saja menyaksikan jagoan selancar Indonesia, Rio Waida bertanding dan melihat perjuangan kerasnya. Tidak gampang memang mengalahkan Igarashi yang menempati peringkat keenam dunia dan bertanding di kandangnya," katanya.

Setelah tampil di Olimpiade, Rio dijadwalkan berlaga pada Kejuaraan Dunia Selancar yang akan digelar di Meksiko, 10 Agustus mendatang.

Baca juga: Rio Waida terdepak di babak 16 besar Olimpiade Tokyo
Baca juga: Rio Waida menuju babak eliminasi selancar ombak Olimpiade Tokyo


Pewarta: Shofi Ayudiana
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2021