Polres Mukomuko rutin patroli cegah karhutla

id Mukomuko,karhutla bengkulu

Polisi dan warga Kabupaten Mukomuko memadamkan kebakaran lahan untuk perkebunan kelapa sawit. ANTARA/Handout/aa.

Mukomuko (ANTARA) - Aparat Kepolisian Resor (Polres) Mukomuko, Polda Bengkulu, secara rutin menggelar patroli untuk mencegah kebakaran hutan dan lahan (karhutla) akibat musim kemarau sekarang ini.

Kepala Polres Mukomuko AKBP Andy Arisandi dalam keterangannya, di Mukomuko, Minggu, mengatakan aparat polres setempat menggelar patroli dan mensosialisasikan aturan terkait larangan membakar hutan dan lahan untuk lokasi pertanian.

“Kami mengimbau serta mengingatkan kepada semua pemilik lahan di daerah ini untuk pertanian dan perkebunan, agar tidak membakar lahan kembali,” ujarnya.

Aparat polres setempat menemukan sejumlah titik api yang berasal dari pembakaran lahan yang diduga untuk membuka lokasi lahan perkebunan kelapa sawit di Kelurahan Bandar Ratu, Kecamatan Kota Mukomuko.

Sejumlah personel Satuan Samapta Polres Mukomuko sejak beberapa hari ini menggelar patroli dan menemukan sejumlah titik api yang berasal dari pembakaran lahan untuk lokasi perkebunan kelapa sawit di wilayah Kelurahan Bandar Ratu.

Ia mengatakan, tindakan yang diambil oleh anggota Satuan Samapta Polres setempat adalah memanggil orang yang memiliki atau pengelola lahan dengan identitas Irwan Mustofa (60), warga Kelurahan Bandar Ratu, Kecamatan Kota Mukomuko.

Selanjutnya, pihaknya meminta kepada pemilik atau pengelola lahan untuk lokasi perkebunan kelapa sawit tersebut agar mematikan api yang telah membakar lahan untuk lokasi perkebunan tersebut.

Kemudian pemilik lahan untuk perkebunan kelapa sawit di wilayah tersebut, akhirnya bersedia untuk memadamkan api yang membakar lahan untuk lokasi perkebunan kelapa sawit tersebut.

Selanjutnya, ia mengatakan, pihaknya mengimbau serta mengingatkan kepada pemilik lahan tersebut agar tidak mengulangi perbuatannya, yakni membakar lahan untuk perkebunan kelapa sawit kembali karena perbuatannya tersebut melanggar aturan yang berlaku.

Menurutnya, dalam situasi dan kondisi cuaca musim panas yang melanda wilayah ini, api sangat mudah menyala dan membakar lahan gambut yang berada di sejumlah wilayah dalam Kecamatan Kota Mukomuko.
Baca juga: Rejang Lebong siagakan sarana pendukung pemadaman karhutla
Baca juga: Tim gabungan berjibaku padamkan kebakaran lahan gambut Mukomuko

Pewarta : Ferri Aryanto
Editor: Budisantoso Budiman
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar