MU resmi kontrak Jadon Sancho selama lima tahun

id Liga Inggris,Manchester United, Jadon Sancho

Jadon Sancho saat berlatih di St George's Park di Burton-on-Trent, Inggris, pada 10 Juli 2021, menjelang final EURO 2020 melawan Italia. Sancho resmi menjadi pemain Manchester United. (AFP/PAUL ELLIS)

Jakarta (ANTARA) - Manchester United (MU) resmi membeli pemain sayap timnas Inggris Jadon Sancho dari Borussia Dortmund dengan kontrak lima tahun, umum klub Liga Premier itu seperti dikutip AFP, Jumat.

Tak terungkap berapa fee untuk transfer ini, namun media massa Inggris menyebutkan Sancho pindah dari Jerman dalam kesepakatan senilai 73 juta pound (Rp1,4 triliun). Ini membuat Sancho menjadi pemain Inggris termahal kedua sepanjang masa setelah rekan setim barunya Harry Maguire.

Sancho akan bertahan di United hingga Juni 2026, dengan opsi perpanjangan satu tahun.

Baca juga: Alasan MU ngotot merekrut Jadon Sancho
Baca juga: Marcus Rashford sambut hangat kabar kedatangan Jadon Sancho ke MU


“Saya akan senantiasa berterima kasih kepada Dortmund karena memberi saya kesempatan untuk bermain dalam tim utama, meskipun saya tahu suatu hari nanti saya akan kembali ke Inggris,” kata Sancho kepada manutd.com.

"Kesempatan bergabung dengan Manchester United adalah mimpi yang menjadi kenyataan dan saya tidak sabar untuk tampil di Liga Premier," tambah pemain berusia 21 tahun itu.

"Ini skuad muda nan menarik dan saya tahu, bersama, kami bisa berkembang menjadi istimewa guna mempersembahkan kesuksesan yang pantas didapat para suporter."

Kepindahannya ke Old Trafford terjadi setelah setahun diburu United yang kabarnya mundur karena valuasi awal Dortmund senilai 100 juta pound untuk mantan pemain tim muda Manchester City itu.

Kesepakatan itu diumumkan hanya beberapa pekan setelah Sancho, bersama rekan setim barunya Marcus Rashford dan Bukayo Saka, dilecehkan secara rasis karena gagal dalam adu penalti ketika Inggris kalah dalam final Euro 2020 melawan Italia di Wembley.

Baca juga: FA kecam aksi rasial terhadap pemain Inggris usai kalah di final Euro
Baca juga: Jadon Sancho anggap serangan rasial yang dialaminya bukan hal baru


United finis kedua atau 12 poin di bawah rival sekota Manchester City musim yang baru lewat lalu.

Manajer Setan Merah Ole Gunnar Solskjaer mengharapkan timnya mendapat manfaat dari "bakat yang belum dimanfaatkan" dari Sancho, meskipun penyerang itu sudah mencetak 50 gol dan mencatat 57 assist dalam 137 kali tampil membela Dortmund.

"Jadon melambangkan tipe pemain yang ingin saya bawa ke klub ini, dia pemain depan bertradisi Manchester United terbaik," kata Solskjaer.

“Dia akan menjadi bagian integral skuad saya sampai bertahun-tahun ke depan dan kami berharap bisa menyaksikan dia berkembang,” tambah sang manajer United.

"Gol dan catatan assistnya membuktikan hal itu dan dia juga akan menghadirkan kecepatan, bakat, dan kreativitas yang luar biasa ke dalam tim ini."

“Old Trafford akan memberi dia platform yang dia butuhkan untuk menumpahkan bakatnya yang belum tergali dan tampil pada level paling tinggi."

"Untuk pemain seusianya, Jadon telah mencapai banyak hal dan menunjukkan keberanian untuk bertualang dan membuktikan diri di luar negeri."

Sancho adalah rekrutan pramusim kedua United setelah kiper cadangan Tom Heaton yang bergabung dalam kontrak dua tahun awal bulan ini.

Baca juga: Manchester United resmi rekrut kembali Tom Heaton
Baca juga: Manchester United di ambang selesaikan transfer Raphael Varane
Baca juga: PSG targetkan transfer Paul Pogba di bursa transfer musim panas ini

Pewarta : Jafar M Sidik
Editor: Bayu Kuncahyo
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar