Kemendikbudristek wacanakan lagu anak masuk dalam pembelajaran

id KILA, lagu anak, lagu untuk anak

Tangkapan layar Direktur Perfilman, Musik, dan Media Baru Ditjen Kebudayaan Kemendikbudristek Ahmad Mahendra di Jakarta, Jumat (23/7/2021). (ANTARA/Indriani)

Jakarta (ANTARA) - Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) mewacanakan lagu anak bisa masuk dalam materi pembelajaran di sekolah.

“Sesuai dengan arah Bapak Presiden mengenai lagu anak dan juga Mas Menteri (Mendikbudristek, red.) melalui Merdeka Belajar juga menekankan mengenai pentingnya lagu anak yang sesuai dengan usianya. Jadi menurut saya, sangat penting sekali menjadi materi pembelajaran di sekolah,” ujar Direktur Perfilman, Musik, dan Media Baru Ditjen Kebudayaan Kemendikbudristek Ahmad Mahendra dalam taklimat media di Jakarta, Jumat.

Ditjen Kebudayaan telah bekerja sama dengan Ditjen Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) serta Ditjen PAUD Dikdasmen Kemendikbudristek untuk mengupayakan hal tersebut. Melalui lagu, anak dapat memetik pembelajaran tanpa merasa harus digurui.

Ia menambahkan lagu-lagu anak hasil dari kontes Kita Cinta Lagu Anak (KILA) 2020 tersebut akan disosialisasikan pada anak-anak melalui video klip dan materi pembelajaran.

“Sayang, jika lagu-lagu hasil KILA hanya menumpuk dan tidak disosialisasikan,” kata dia.

Baca juga: Mendikbudristek: Lagu anak berpengaruh pada tumbuh kembang anak

Kemendikbudristek bekerja sama dengan KITA Indonesia menyelenggarakan KILA 2021. Kontes KILA 2021 mencakup lomba cipta lagu anak untuk kelompok usia PAUD dan SD serta lomba menyanyikan lagu anak untuk kelompok usia PAUD dan SD. Para peserta lomba menyanyi juga akan diminta untuk menyanyikan lagu-lagu baru ciptaan para peserta Lomba Cipta Lagu Anak 2020.

Kontes KILA akan dilakukan secara daring dan ditayangkan di berbagai platform digital, seperti Indonesiana TV dan Budaya Saya yang dikelola Kemendikbudristek.

Untuk memeriahkan acara, akan diadakan juga berbagai acara pendukung, seperti program Bincang KILA dan lomba hiburan atau fun games yang akan digelar di berbagai platform media sosial, seperti Instagram dan TikTok.

“Program KILA dapat dinikmati di berbagai kanal agar membuat masyarakat tergerak dan ikut berpartisipasi dalam menciptakan dan menyosialisasikan lagu-lagu anak yang bermutu dan sesuai dengan usia dan budaya Indonesia. Kita ingin program KILA ini berkelanjutan, yang mana anak-anak kita dapat terus terinspirasi menyanyikan lagu-lagu anak ciptaan musisi Indonesia,” kata dia.

Pendaftaran KILA 2021 dimulai pada 23 Juli hingga 23 Agustus 2021. Program itu tidak berbayar, sedangkan pengambilan formulir dapat dilakukan pada tautan situs www.kilaindonesia.id.

Baca juga: Ciptakan ekosistem baru, Kemendikbud gelar lomba lagu anak
Baca juga: Kemendikbud dan KITA Indonesia gelar lomba nyanyi dan cipta lagu anak


Pewarta : Indriani
Editor: M. Hari Atmoko
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar