ARM HA IPB University perluas jangkauan kegiatan setelah jadi yayasan

id ipb university,ARM HA,alumni ipb

Rektor IPB University Arif Satria (depan, kedua kanan). ANTARA/HO-IPB University.

Jakarta (ANTARA) - Aksi Relawan Madani Mandiri Himpunan Alumni (ARM HA) IPB University memperkuat basis hukumnya dengan resmi menjadi sebuah yayasan, sehingga diharapkan menjadi titik awal untuk tumbuh lebih mandiri dan menjangkau manfaat yang lebih luas.

"Sebagai badan otonom, ARM HA IPB University telah berperan nyata dalam berbagai penanggulangan bencana. Dengan terbentuknya yayasan, ini akan memperluas manfaat yang dirasakan masyarakat penyintas," ujar Rektor IPB University Arif Satria dalam keterangan resmi IPB yang diterima di Jakarta, Jumat.

Sejak berdiri pada 2019, ARM HA telah mendapat mandat dari Himpunan Alumni IPB University untuk menangani masalah kebencanaan serta berbagai krisis kemanusiaan lainnya yang membutuhkan peran alumni. Tidak kurang 16 operasi kemanusiaan telah ARM HA IPB University lakukan dengan ribuan jiwa penerima manfaat di berbagai wilayah di Indonesia.

Menurut Ketua ARM HA IPB University Ahmad Husein, status badan hukum sebagai yayasan bukanlah puncak dari segalanya. Sebaliknya, menjadi titik awal untuk tumbuh secara lebih mandiri dan menjangkau secara lebih luas, baik para penerima manfaat maupun donatur yang terlibat.

Ahmad mengatakan bahwa ARM HA IPB University dapat berkembang menjadi tolak ukur organisasi yang berfungsi dengan baik, dengan karakter khas IPB yang kuat di bidang pertanian.

Untuk itu, mereka tengah merancang peta jalan organisasi untuk tiga tahun ke depan dengan fokus ke beberapa isu strategis, seperti penguatan kelembagaan dari sisi status hukum dan kelengkapan aturan, peningkatan kapasitas sumber daya manusia (SDM), baik di tingkat pengurus maupun sukarelawan, pengembangan program-program prioritas tanggap darurat bencana dan kesiapsiagaan serta pengurangan risiko bencana.

Baca juga: Tim ARM HA-IPB tembus lokasi bencana salurkan bantuan logistik

Yayasan itu juga akan merancang kemandirian finansial dalam menghidupi organisasi dan merespons peristiwa kebencanaan serta memperluas jejaring lembaga melalui kemitraan strategis dengan berbagai pihak, termasuk memperluas cabang di berbagai daerah.

"ARM HA IPB University juga akan lebih serius mengembangkan program manajemen kesukarelawanan yang berbasis alumni dan masyarakat luas," ujar Ahmad.

Pewarta : Prisca Triferna Violleta
Editor: Masuki M. Astro
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar