Jakarta (ANTARA) - Berita tentang instruksi untuk mempercepat penyaluran bantuan sosial (bansos) untuk masyarakat dalam rangka kebijakan PPKM menjadi salah satu berita terpopuler dalam topik ekonomi di kanal Antaranews.com, Kamis (22/7/2021).

Pemerintah melibatkan PT Pos Indonesia dan jaringan Himpunan Bank Milik Negara (Himbara) untuk penyaluran bantuan sosial tunai dan bantuan beras dari Bulog.

Selain itu, ada pula berita Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) yang ditutup menguat 1,78 persen hingga kenaikan harga saham BRI jelang pengumuman hasil RUPSLB terkait pembentukan holding ultra mikro yang berpotensi meningkatkan aset perseroan menjadi Rp1.515 triliun.

Berikut lima berita ekonomi terpopuler selengkapnya:


1. Percepat penyaluran bansos

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan meminta agar penyaluran bantuan sosial (bansos) untuk masyarakat dalam rangka kebijakan PPKM dipercepat. Dia menekankan efektivitas PPKM yang diperpanjang hingga 25 Juli 2021 bergantung pada penyaluran bantuan bansos tersebut.

Baca selengkapnya di sini.


2. IHSG bergerak hijau

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) Bursa Efek Indonesia (BEI) pada Kamis sore ditutup menguat seiring dipertahankannya suku bunga acuan oleh Bank Indonesia.

IHSG ditutup menguat 107,57 poin atau 1,78 persen ke posisi 6.137,55. Sementara kelompok 45 saham unggulan atau indeks LQ45 naik 15,62 poin atau 1,86 persen ke posisi 857,04.

Baca selengkapnya di sini.


3. Kenaikan saham BRI

Harga saham PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk terpantau naik menjelang pengumuman hasil Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) terkait pembentukan holding Ultra Mikro melalui mekanisme penambahan modal dengan Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu (HMETD) atau rights issue.

BRI akan menerbitkan saham baru sebanyak 28,67 miliar seri B atau setara dengan 23,25 persen saham BBRI saat ini dengan nilai nominal Rp50 per saham.

Baca selengkapnya di sini.


4. Obituari Christianto Wibisono
Ekonom senior Didik J Rachbini menyebutkan mendiang Christianto Wibisono merupakan seseorang yang terus produktif dan tak kenal lelah dalam mendedikasikan dirinya sebagai cendekiawan, pemikir dan penulis buku.

Pada masa Orde Baru, Christianto mendirikan Pusat Data Bisnis Indonesia (PDBI) yang tidak hanya menyediakan data-data bisnis melalui lembaga tersebut namun juga aktif menggelar seminar dengan uraian data-data bisnis yang kuantitatif.

Baca selengkapnya di sini.


5. Harga emas turun

Harga emas tergelincir ke level terendah dalam lebih dari seminggu pada akhir perdagangan Rabu (Kamis pagi WIB), berbalik melemah dari kenaikan sesi sebelumnya, karena menguatnya imbal hasil obligasi pemerintah AS dan ekuitas mendorong investor beralih ke aset-aset berisiko, mengurangi daya tarik emas.

Kontrak harga emas paling aktif untuk pengiriman Agustus di divisi Comex New York Exchange, jatuh 8 dolar AS atau 0,44 persen menjadi ditutup pada 1.803,40 dolar AS per ounce.

Baca selengkapnya di sini.

Pewarta: Sugiharto Purnama
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2021