Bandung (ANTARA) - Kapolrestabes Bandung Kombes Pol Ulung Sampurna Jaya mengatakan tiga orang dari massa aksi unjuk rasa menolak Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di Bandung reaktif COVID-19.

Ulung mengatakan tiga orang itu dinyatakan reaktif setelah polisi melakukan tes usap antigen, dan bisa bertambah karena pengetesan baru dimulai.

"Ternyata baru dimulai, sudah tiga orang dinyatakan reaktif, artinya memang kerawanan dalam kerumunan itu sangat tinggi," kata Ulung di Gedung Sate, Kota Bandung, Jawa Barat, Rabu.

Baca juga: Polisi tangkap 5 peserta aksi tolak PPKM di Bandung bawa bom molotov

Polisi sejauh ini mengamankan 150 orang pemuda dari massa aksi unjuk rasa yang sempat menyebabkan gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat.

Seratusan pemuda itu diamankan di Gedung Sate, tepatnya di depan Gedung Sekretariat Daerah Jawa Barat. Kemudian polisi melakukan pendataan dan melakukan tes usap kepada peserta aksi yang diamankan itu.

Menurut Ulung, perilaku massa aksi unjuk rasa itu dinilai banyak yang mengabaikan protokol kesehatan. Mulai dari tidak menjaga jarak dan tidak menggunakan masker.

Baca juga: Satgas COVID-19 sesalkan demo mahasiswa tolak PPKM di Ambon

"Mereka seolah-olah tidak ada COVID-19, dan tidak pakai masker. Oleh karena itu kami lakukan pembubaran dan pukul mundur, agar COVID-19 tidak meluas lagi," kata dia.

Adapun aksi unjuk rasa itu bermula sekitar pukul 12.00 WIB di Balai Kota Bandung. Kemudian massa aksi bergerak menuju Gedung Sate melalui Jalan Ir Djuanda.

Namun belum sempat sampai Gedung Sate, massa justru melakukan aksi penutupan jalan di Simpang Jalan Sulanjana-Jalan Diponegoro. Ulung juga menduga massa melakukan perusakan sejumlah fasilitas umum di sepanjang jalan itu.

Baca juga: Polisi tangkap terduga provokator di demonstrasi tolak PPKM Ambon

Pewarta: Bagus Ahmad Rizaldi
Editor: Joko Susilo
Copyright © ANTARA 2021