Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Singapura berkomitmen menambah bantuan Iso Tank dan Liquid Oxygen sebanyak 24 unit yang akan dikirimkan secara bertahap dalam enam pekan ke depan.

Bantuan tersebut merupakan hasil dari kunjungan kerja Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto ke Singapura.

“Melalui Smart Gas akan dilakukan refurnished terhadap Iso Tank yang tersedia di Singapura dan sebagian lagi akan dipesan yang baru dari Tiongkok,” ungkap Menko Airlangga dalam keterangan resminya yang diterima di Jakarta, Rabu.

Iso Tank merupakan kontainer berbentuk tangka yang memiliki ukuran standar tertentu yang umumnya digunakan untuk memuat kargo cair dan gas. Pemerintah Indonesia memperkirakan kebutuhan tambahan Iso Tank untuk pendistribusian oksigen sekitar 140 unit dan pemerintah Singapura sejauh ini sudah memberikan bantuan lima Iso Tank.

Menko Airlangga menyampaikan bahwa saat bertemu dengan Perdana Menteri (PM) Singapura Lee Hsien Loong dan para Menteri Singapura, selalu ditanyakan bantuan apa yang bisa dilakukan Singapura, terutama di dalam penanganan COVID-19 di Indonesia.

"Pemerintah Indonesia berterima kasih atas respon cepat untuk menambah peralatan yang dibutuhkan untuk distribusi oksigen. Sekarang ini tantangannya memang bagaimana produksi oksigen yang ada bisa cepat sampai kepada masyarakat yang membutuhkan," kata Airlangga.

Dalam upaya penanganan COVID-19, terutama varian Delta yang tingkat penyebarannya sangat cepat, pemerintah Indonesia terus mengambil langkah pengendalian penyebaran virus, termasuk menambah tempat-tempat isolasi mandiri.

Penambahan ruang isolasi mandiri tersebut memerlukan dukungan peralatan baik tabung silinder maupun Iso Tank untuk mendistribusikan oksigen yang ada.

Sedangkan dalam pertemuan dengan para pengusaha Indonesia di Singapura, Menko Airlangga juga mengapresiasi inisiatif pengumpulkan bantuan oxygen concentrator. Sejauh ini sudah terkumpul 11 ribu oxygen concentrator dan pengiriman pertama sebanyak 1.500 unit sudah tiba di Jakarta.

Kolaborasi antara pengusaha Indonesia dan pengusaha Singapura diorganisir oleh Temasek. Sementara, Istri PM Singapura, Ho Ching turun tangan langsung untuk memastikan donasi itu bisa terkumpul dan dikirimkan ke Indonesia sesegera mungkin.

Baca juga: Berkunjung ke Singapura, Airlangga bahas investasi hingga energi hijau
Baca juga: Menko Airlangga : Singapura itu salah satu mitra ekonomi utama

Baca juga: Kemenkes: Prioritas bantuan oksigen dari Singapura untuk Jawa-Bali
 

Pewarta: Kuntum Khaira Riswan
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2021