Jakarta (ANTARA) - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahudin Uno mendorong agar sentra-sentra pariwisata dan ekonomi kreatif di masa Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat bisa menjadi lokasi pusat vaksinasi COVID-19, demi membantu percepatan pemberian vaksin kepada masyarakat Indonesia.

Ia mencontohkan seperti vaksinasi yang digelar di Kabupaten Gunung Kidul yang dekat dengan pantai dan juga sentra vaksinasi di STP (Sekolah Tinggi Pariwisata) Bandung.

“Saya mendorong agar destinasi wisata dann sentra ekonomi kreatif juga mengambil insipirasi dari STP Bandung untuk mengajukan lokasinya sebagi sentra vaksinasi membantu untuk percepatan pemberian vaksin bagi masyarakat,”kata Sandi dalam konferensi pers virtual, Senin.

Baca juga: Menparekraf resmikan sentra vaksinasi COVID-19 di STP Bandung

Untuk di kawasan wisata seperti di Gunung Kidul, vaksinasi dinilai tidak hanya menguntungkan masyarakat tapi juga para tenaga kesehatan untuk mendapatkan penyegaran diri.

Ia menyebut ide vaksinasi di destinasi wisata itu sebagai sesuatu yang "cantik dan cerdas", sehingga ia mendorong destinasi-destinasi lainnya seperti lima lokasi wisata super prioritas yaitu Labuan Bajo, Mandalika, Borobudur, Danau Toba, dan Lukupang, agar melakukan hal yang serupa.

“Itu sangat cerdas dan cantik karena bisa menggunakan destinasi wisata sebagai sentra vaksinasi. Jadi selain menghibur peserta yang menerima vaksinasi dengan pemandangannya yang indah, tapi juga tenaga kesehatannya bisa beristirahat dengan fasilitas wisata itu,” kata Sandi.

Dengan mendorong vaksinasi di tengah PPKM darurat diharapkan dari sektor pariwisata dan ekonomi kreatif dapat berkontribusi dalam penanganan pandemi COVID-19 untuk menurunkan angka penularan virus SARS-CoV-2 yang kini memiliki mutasi varian Delta.

Sandi pun mengharapkan agar baik pelaku di bidang pariwisata maupun di bidang ekonomi kreatif bisa dapat tetap patuh terhadap 5M termasuk di dalamnya menghindari kerumunan dan mengurangi mobilitas sehingga PPKM darurat bisa selesai dengan cepat.

Baca juga: Menparekraf ajak pengusaha ciptakan konten kreatif di platform digital

Baca juga: Menparekraf ingin optimisme dan semangat terus dipupuk selama pandemi

Baca juga: Menparekraf ajak mahasiswa jadi wirausaha muda kreatif dan inovatif


#ingatpesanibu
​​​​​​​#sudahdivaksintetap3m
#vaksinmelindungikitasemua

Pewarta: Livia Kristianti
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2021