Jakarta (ANTARA) - Operator kompetisi PT Liga Indonesia Baru (LIB) menyatakan Liga 2 musim 2021 kemungkinan akan dimulai pada awal September 2021.

Terkait itu, dikutip dari keterangan resmi LIB yang diterima di Jakarta, Kamis, Direktur Operasional LIB Sudjarno menyebutkan pihaknya akan berkoordinasi dengan klub peserta, Polri dan Satuan Tugas Penanganan COVID-19.

"Kami juga memohon dukungan dari masyarakat agar Liga 2 dapat digelar meski tanpa penonton. Kompetisi akan tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat," ujar Sudjarno.

LIB sudah berkirim surat ke seluruh klub peserta Liga 2 2021. Surat tersebut berisi tentang penyesuaian jadwal akibat penundaan waktu pelaksanaan Liga 1 musim 2021-2022 di tengah meningkatnya kasus COVID-19 di Indonesia.

Baca juga: PSSI: Liga 1-2 ditunda sampai akhir Juli 2021 
Baca juga: LIB: Format Liga 2 masih terus didiskusikan 


Sudjarno menegaskan semua pihak harus mengikuti anjuran dari pemerintah dan mendukung upaya untuk mengendalikan pandemi COVID-19.

"Semua dipertimbangkan berdasarkan alasan kemanusiaan pada situasi pandemi COVID-19 saat ini. Karena itu, PSSI dan LIB memundurkan jadwal kompetisi, termasuk Liga 2 2021," kata purnawirawan Polri berpangkat akhir Inspektur Jenderal Polisi itu.

Liga 1 Indonesia 2021-2022 sejatinya siap berlangsung mulai 9 Juli 2021. Sementara Liga 2 rencananya dilaksanakan sekitar dua minggu setelah sepak mula Liga 1.

Namun, PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (LIB) sepakat menunda liga demi mendukung upaya pemerintah mengendalikan pandemi COVID-19 melalui kebijakan Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat untuk wilayah Jawa dan Bali pada 3-20 Juli 2021.

LIB juga telah mewacanakan untuk memulai Liga 1 pada akhir Agustus 2021 atau sekitar satu bulan setelah PPKM Darurat berakhir. 

Baca juga: LIB: Liga 1 kemungkinan mulai akhir Agustus sesuai permintaan klub 
Baca juga: Liga Indonesia ditunda, Menpora minta pecinta sepak bola bersabar 
Baca juga: LIB belum berencana gelar Liga 1 di luar Jawa 

 

Pewarta: Michael Siahaan
Editor: Rr. Cornea Khairany
Copyright © ANTARA 2021