Jakarta (ANTARA) - Seorang remaja Singapura dijatuhi hukuman sembilan bulan percobaan dan 40 jam pelayanan masyarakat pada Rabu karena mengirimkan ancaman pembunuhan lewat Instagram kepada pemain sepak bola Prancis Neal Maupay setelah pertandingan Liga Premier Inggris.

Derek Ng De Ren, remaja 19 tahun, mengirim beberapa pesan langsung yang mengancam ke penyerang Brighton & Hove Albion Maupay tahun lalu dari negara Singapura, menurut dokumen pengadilan.

Remaja itu marah setelah menonton tabrakan di televisi antara Maupay dan kiper Arsenal Bernd Leno selama pertandingan pada Juni tahun lalu, yang menyebabkan kiper itu ditandu keluar lapangan saat babak pertama.

Penyerang Brighton kemudian mencetak gol kemenangan dalam kemenangan penting bagi tim papan bawah itu.

Baca juga: Arsenal pulang dengan tangan hampa dari Brighton akibat gol akhir laga

Menyalahkan Maupay atas cedera dan marah atas kehilangan Arsenal, Ng mengirim beberapa pesan Instagram di mana ia mengancam akan membunuh Maupay dan keluarganya, menurut dokumen pengadilan.

"Kamu pikir kamu akan lolos karena melukai Leno? Tidak mungkin bruv. Tapi jangan khawatir kamu akan aman kamu tidak akan terluka. Lebih menyenangkan melihat kamu merasakan sakit ketika orang yang kamu cintai mengalami penderitaan, " tulis Ng.

Hakim Pengadilan Distrik May Mesenas menghukum remaja itu sembilan bulan masa percobaan yang diawasi, 40 jam pelayanan masyarakat, dan jam malam dari pukul 22.00 hingga 06.00.

Dia juga akan diminta untuk mencari perawatan psikologis dan psikiatris.

Hakim mengatakan kepada Ng bahwa "mengancam bukanlah cara yang tepat" dan masa depannya akan terancam jika dia tidak mengendalikan emosinya.

Ng yang mengaku bersalah atas dua tuduhan pelecehan bisa didenda dan dipenjara hingga enam bulan untuk setiap tuduhan.

Setelah Maupay melaporkan pesan tersebut, Liga Premier bekerja sama dengan pihak berwenang di Singapura untuk melakukan tindakan hukum.

Setelah sidang, pengacara pembela Mark Yeo mengatakan kepada AFP bahwa Ng "lega karena menjalani masa percobaan".

"Saya pikir dia siap untuk melupakan masalah ini, siap untuk fokus pada rehabilitasinya, fokus pada langkah maju berikutnya,” ujar Yeo, dikutip dari laman resmi AFP, Rabu.

Saya pikir banyak yang telah dikatakan di pengadilan tentang penyesalannya, tentang keinginannya untuk maju dan berubah menjadi lebih baik."

Yeo juga mengatakan remaja itu telah menulis surat permintaan maaf kepada Maupay, yang telah diteruskan ke pemain tersebut, dan mencari konseling profesional,

Baca juga: Brighton rekrut legiun Prancis Neal Maupay

Pewarta: Gheovano Alfiqi/Fitri Supratiwi
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2021