Jakarta (ANTARA) - Ketua Umum DPP PAN Zulkifli Hasan meminta semua pihak harus ikut membantu pemerintah untuk berperan dalam menekan laju penularan COVID-19 di Indonesia.

Oleh karena itu, dia mengapresiasi langkah DPW PAN DKI Jakarta yang bekerja sama dengan Fraksi PAN DPRD DKI Jakarta melaksanakan vaksinasi gratis untuk warga Ibu Kota.

"Bukan hanya tugas pemerintah, tetapi semua pihak harus ikut menekan laju penularan COVID-19. Ikut vaksin dan sukseskan PPKM darurat," kata Zulkifli dalam keterangannya di Jakarta, Rabu.

Hal itu dikatakan usai meninjau acara pemberian vaksin gratis untuk warga yang diadakan DPW PAN DKI bekerja sama dengan Fraksi PAN DPRD DKI, di Jakarta.

Baca juga: F-PAN: Kebijakan PPKM Darurat harus efektif turunkan kasus COVID-19
 
Zulkifli mengatakan vaksinasi gratis bagi warga merupakan langkah yang sangat baik dan memberikan solusi langsung untuk masyarakat yang kebingungan akan vaksin di mana.

Dia menilai semua pihak harus ikut membantu pemerintah dalam menyukseskan program vaksinasi secara bersama-sama untuk menekan laju penyebaran COVID-19.

"Saat ini perlu kebersamaan kita semua. Persoalan COVID-19 ini bukan hanya masalah pemerintah atau kelompok tetapi masalah kita semua bahkan masalah dunia. Karena itu perlu kerja sama semua pihak, bukan hanya masyarakat Indonesia tetapi masyarakat dunia," ujarnya.

Zulkifli meminta semua pihak saling membantu sesama dengan cara, antara lain, pertama mengadakan vaksinasi kepada masyarakat seperti yang dilaksanakan DPW PAN DKI Jakarta, kedua tidak membeli obat-obatan secara berlebihan, dan ketiga tidak membeli vitamin dan oksigen berlebihan atau menumpuk. Cukup yang diperlukan saja.

"Jangan berebut, kalau semangatnya menyelamatkan diri sendiri sangat bahaya sekali. Kalau kita perlu obat, vitamin, oksigen secukupnya saja," katanya.

Baca juga: PAN: Segera fungsikan asrama haji jadi tempat isolasi COVID-19

Wakil Ketua MPR RI itu mengajak semua pihak saling bantu kepada sesama di tengah situasi sulit saat ini karena tidak bisa hanya mengandalkan bantuan pemerintah.

Ketua DPW PAN DKI Jakarta Eko Hendro Purnomo atau Eko Patrio mengajak semua pihak ikut vaksin dan jangan terpengaruh dengan informasi tidak benar.

Dia meminta masyarakat jangan takut untuk divaksin karena manfaatnya sangat besar, misalnya orang yang sudah divaksin akan memiliki daya tahan yang lebih baik dibandingkan orang yang belum divaksin.

Menurut dia, vaksinasi yang diadakan DPW PAN DKI Jakarta adalah vaksinasi yang pertama dan diikuti sekitar 1.000 orang.

"Program ini akan terus dilakukan mengingat antusias warga yang ingin ikut vaksin sangat tinggi. Ini kegiatan pertama dan akan dilanjutkan kegiatan kedua, ketiga, keempat, dan seterusnya," katanya.

Baca juga: Fraksi PAN sarankan penerapan kebijakan "lockdown" akhir pekan

Kegiatan vaksinasi untuk masyarakat umum yang diadakan DPW PAN DKI Jakarta bersama Fraksi PAN DPRD DKI Jakarta berlangsung di Sekretariat DPW PAN DKI Jakarta, Jalan Cipinang Indah Raya No. 1, Jatinegara, Jakarta Timur pada Rabu pagi.

Hadir dalam acara tersebut, antara lain Ketua Umum DPP PAN Zulkifli Hasan, Sekjen PAN Eddy Soeparno, Ketua DPW PAN DKI Jakarta Eko Hendro Purnomo (Eko Patrio), dan Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta Zita Anjani.

Pewarta: Imam Budilaksono
Editor: Herry Soebanto
Copyright © ANTARA 2021