Sidoarjo (ANTARA) -
Pemerintah Kabupaten Sidoarjo memastikan akan menutup semua tempat ibadah saat pelaksanaan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat yang berlangsung sejak hari ini sampai tanggal 20 Juli 2021.
 
"Tempat ibadah sementara tutup," kata Bupati Sidoarjo, Ahmad Muhdlor Ali di Sidoarjo, Jatim, Sabtu.
 
Ia mengatakan, pada hari pertama pelaksanaan PPKM Darurat di Sidoarjo berlangsung aman dan kondusif, hal itu bisa dilihat dari kendaraan yang lalu lalang di Sidoarjo sudah jauh berkurang.

Baca juga: MUI Jateng keluarkan tausiyah terkait PPKM Darurat
 
"Kami siap melaksanakan PPKM Darurat ini sesuai dengan instruksi dari pusat," katanya.
 
Ia mengatakan, penetapan PPKM Darurat sesuai dengan instruksi Mendagri Nomor 15 tahun 2021. PPKM Darurat diberlakukan se-Jawa dan Bali. Kabupaten Sidoarjo masuk dalam level 4.
 
"Kami mengimbau agar masyarakat mematuhi aturan PPKM Darurat. Ini semata-mata untuk mempercepat penurunan penyebaran COVID -19. Karena kondisi 19 rumah sakit rujukan COVID -19 saat ini sudah overload," ucapnya.
 
Ia mengatakan, untuk restoran dan juga kafe saat ini masih boleh buka dengan aturan harus dibawa pulang tidak boleh makan di tempat.
 
"Begitu pula mall atau pusat perbelanjaan yang menjual baju dan sandal juga tutup, kecuali yang di dalamnya ada tempat makan atau juga apotik masih bisa buka asalkan tetap menerapkan protokol kesehatan," katanya.
 
Ia mengatakan, penerapan PPKM darurat itu harus benar-benar dilakukan secara bersama-sama, jangan sampai 90 persen yang kencang dan ada 10 persen yang kendor, semuanya harus seratus persen menerapkan PPKM darurat tersebut.
 
"Kami juga belum bisa menentukan apakah nanti pelaksanaan shalat Idul Adha diperbolehkan atau tidak, karena pelaksanaan PPKM darurat ini beda waktu dengan Idul Adha. Lihat saja nanti pasti ada informasi terbaru," ujarnya.
 
Hari ini juga dilepas pasukan dari berbagai elemen petugas mulai dari petugas kepolisian, TNI AD, dan juga dinas perhubungan untuk melaksanakan razia pelaksanaan PPKM darurat di Sidoarjo.

Baca juga: Kadin Kota Bogor bantu warga terdampak pandemi pada PPKM Darurat
Baca juga: Luhut prediksi masa kritis COVID-19 hingga dua minggu ke depan

Pewarta: Indra Setiawan
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2021