Dari total 80 tempat tidur yang tersedia untuk kasus COVID-19, saat ini sebanyak 73 tempat tidur telah diisi pasien terkonfirmasi positif
Madiun, Jatim (ANTARA) - Tingkat keterisian tempat tidur di RSUD Caruban sebagai salah satu rumah sakit rujukan penanganan COVID-19 di Kabupaten Madiun, Jawa Timur, hampir penuh seiring terjadinya lonjakan kasus dalam sepekan terakhir.

Direktur RSUD Caruban drg Farid Amirudin, Selasa malam, di Madiun mengemukakan dari total 80 tempat tidur yang tersedia untuk kasus COVID-19, saat ini sebanyak 73 tempat tidur telah diisi pasien terkonfirmasi positif.

Ia menjelaskan tujuh tempat tidur (bed) tersisa dikhawatirkan tidak cukup menampung jika terjadi penambahan kasus dalam jumlah lebih banyak lagi. Apalagi, kegiatan "tracing" yang dilakukan Satgas COVID-19 di wilayah Kabupaten Madiun masih tinggi setiap harinya dan menunggu hasil tes usap keluar.

"Untuk mengantisipasi penuhnya kapasitas, kami menambah enam 'bed' sebagai persiapan jika terjadi penambahan kasus baru," katanya.

Sesuai rencana, enam tempat tidur tambahan tersebut akan disediakan di ruang ICU lama. Untuk sementara, pihaknya memang belum mengajukan pendirian tenda darurat ke Pemkab Madiun.

Meski demikian, manajemen RSUD Caruban selalu berkoordinasi dengan Dinkes Kabupaten Madiun dan rumah sakit rujukn laainnya di wilayah setempat guna penanganan kasus COVID-19 yang maksimal.

Sesuai data, secara total, kasus COVID-19 di Kabupaten Madiun hingga Selasa (29/6) mencapai 4.347 orang. Dari jumlah itu, sebanyak 3.951 orang di antaranya telah sembuh, 137 orang dalam pemantauan, dan 259 orang meninggal dunia.

Tambahan kasus per hari Selasa ini, konfirmasi baru 25 orang, sembuh 26 orang, dan meninggal dunia satu orang.

Pihaknya meminta warga disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan sehingga penyebaran COVID-19 di Kabupaten Madiun dapat ditekan, demikian Farid Amiruddin.

Baca juga: Satgas: Zona merah Jatim geser ke Banyuwangi, Bondowoso, Kota Madiun

Baca juga: 89 warga Kabupaten Madiun klaster hajatan dievakuasi ke RSUD Dolopo

Baca juga: Kabupaten Madiun tertinggi kasus aktif COVID-19 di Jatim

Baca juga: Kasus meningkat, jam malam diberlakukan di Kabupaten Jember-Jatim

Pewarta: Louis Rika Stevani
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2021