Lumajang (ANTARA News) - Jalur mudik di kawasan selatan yang menghubungkan Kabupaten Lumajang-Kabupaten Malang, Jawa Timur, rawan longsor dan pohon tumbang.

"Kami imbau pemudik berhati-hati saat melewati jalur selatan Lumajang-Malang yakni di kawasan Piket Nol yang terletak di Desa Sumber Wuluh, Kecamatan Candipuro, Kabupaten Lumajang," kata Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Lumajang Rochani, Rabu.

Kawasan Piket Nol longsor pada Minggu (5/9) karena hujan deras yang menguyur wilayah Lumajang bagian selatan, sehingga membuat bukit di Piket Nol longsor dan dua pohon tumbang di kawasan setempat.

"Begitu kawasan Piket Nol longsor, petugas langsung menutup akses jalan yang mengubungkan Lumajang-Malang demi keselamatan pengendara yang melewati jalan itu," tuturnya menjelaskan.

Menurut dia, longsor tersebut dapat mengganggu jalur lalu lintas Lumajang-Malang, selama Lebaran 2010, karena longsoran bukit itu menutupi setengah badan jalan, sehingga kendaraan tidak bisa melewati kawasan Piket Nol.

"Biasanya pemudik tertarik melalui jalur selatan Piket Nol karena merupakan jalur alternatif yang cepat dan pemandangannya cukup indah, namun jalur itu rawan longsor," paparnya.

Untuk itu, lanjut dia, pos pengamanan terpadu didirikan di Desa Sumber Wuluh, Kecamatan Candipuro untuk memantau titik longsor di jalur mudik Piket Nol.

"Petugas di pos pengamanan terpadu akan memantau jalur mudik Piket Nol yang rawan longsor. Apabila hujan deras mengguyur kawasan setempat, maka pemudik dilarang melewati jalur selatan Lumajang-Malang itu demi keselamatan pemudik," ujarnya menambahkan.

Dinas Pekerjaan Umum, Dinas Perhubungan dan operator Binamarga Provinsi Jawa Timur juga menyiapkan alat berat dan alat pemotong kayu (senso), apabila tanah longsor menutupi sebagian badan jalan dan pohon tumbang di kawasan Piket Nol.

"Kami siapkan alat berat, apabila sewaktu-waktu terjadi longsor selama arus mudik dan balik Lebaran 2010. Petugas bersama warga akan bekerja sama untuk membersihkan longsoran itu, sehingga akses jalur selatan Lumajang-Malang bisa dilalui kembali," katanya menjelaskan.

Ia mengimbau pemudik berhati-hati untuk melewati jalur Piket Nol pada saat turun hujan karena jalan licin dan berlumpur, sehingga rawan kecelakaan.

"Lebih baik pemudik tidak melewati jalur Piket Nol dan memilih jalur alternatif yang lain, apabila hujan deras mengguyur kawasan itu," ucap Rochani tegas.

(ANT-070/C004/S026)
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2010