Jakarta (ANTARA) - Microsoft baru saja meluncurkan sistem operasi Windows 11, penerus Windows 10 yang sudah beroperasi selama hampir enam tahun belakangan.

Sebelum beralih ke sistem operasi Windows terkini, pengguna sebaiknya mengecek dulu perangkat yang dimiliki apakah mendukung untuk dipasangi Windows 11.

Dikutip dari laman The Verge, Sabtu, pengguna bisa memasang PC Health App untuk melihat apakah spesifikasi komputer mendukung sistem operasi ini.

Baca juga: Microsoft umumkan pembatalan Windows 10X

Jika hasil PC Health menunjukkan perangkat tidak mendukung, cek kembali BIOS di komputer. Pastikan perangkat memiliki chip TPM 2.0 dan mengaktifkan Secure Boot di BIOS.

Microsoft memberikan syarat minimum perangkat PC menggunakan prosesor 1GHz ke atas, dengan inti 2 atau lebih. Prosesor ini juga harus berjalan dengan system in chip (SoC) 64 bit.

RAM yang dibutuhkan Windows 11 minimal 4GB dan kapasitas penyimpanan internal 64GB. Sementara itu, untuk kartu grafis, Microsoft mensyaratkan yang sesuai dengan DirectX 12 dan generasi setelahnya, yang memiliki driver WDDM 2.0.

Windows 11 menggunakan system firmware UEFI dan kemampuan Secure Boot. Untuk layar, dibutuhkan display high definition 720 piksel di atas 9 inci secara diagonal dan 8 bit per warna.

Sejumlah fitur di Windows 11 juga membutuhkan akun Microsoft.

Baca juga: Microsoft Teams akan diintegrasikan ke Windows 11

Baca juga: Sederet pembaruan Windows 11, dari desain hingga fitur

Baca juga: Pengguna Windows 7 dan 8.1 bisa upgrade gratis ke Windows 11?

Pewarta: Natisha Andarningtyas
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2021