Jakarta (ANTARA) - Microsoft secara resmi mengkonfirmasi kehadiran Windows 11, setelah sebelumnya memberikan sejumlah teaser akan sistem operasi barunya itu. Windows 11 hadir dengan pembaruan desain hingga fitur.

Dikutip dari laman resminya, Jumat, Microsoft mengatakan, fokus besar untuk Windows 11 adalah penyederhanaan antarmuka pengguna Windows, toko Windows baru, dan peningkatan kinerja dan multitasking. Windows 11 juga akan menyertakan dukungan untuk menjalankan aplikasi Android untuk pertama kalinya.

Berikut adalah rangkuman dari apa saja yang baru di Windows 11.

Desain dan layout

Windows 11 menyertakan menu Start baru dan tombol Start yang diperbarui yang keduanya berpusat di taskbar. Antarmuka (UI) ini sangat mirip dengan apa yang pertama kali dilihat di Windows 10X, sebuah proyek yang awalnya direncanakan untuk perangkat layar ganda yang akhirnya dibatalkan oleh Microsoft. Banyak UI yang masuk ke Windows 10X muncul di Windows 11.

Menu Start baru hadir dengan Live Tiles yang awalnya diperkenalkan dengan Windows 8. Ada aplikasi, dokumen terbaru, dan antarmuka pencarian terpisah.
Windows 11. (Microsoft)


Kepala Windows Panos Panay mengatakan, tim telah terobsesi dengan setiap detail. Windows 11 juga akan menyertakan mode gelap dan terang yang diperbarui.

Ada juga sesuatu yang disebut Microsoft Snap Layouts, yang memungkinkan pengguna dengan cepat memasukkan aplikasi ke berbagai mode yang didukung Windows 11. Versi baru Windows 11 ini juga akan mengingat di mana aplikasi pengguna disimpan, berkat sesuatu yang disebut Group Snap.

Baca juga: Microsoft dan lima entitas lain didenda karena kebocoran data pribadi

Baca juga: Microsoft luncurkan banyak game baru di Xbox Game Pass


Performa dan fitur

Performa juga merupakan fokus besar untuk Windows 11. Pembaruan Windows ini 40 persen lebih kecil dan lebih efisien dan diharapkan tidak mengganggu pekerjaan pengguna.

Microsoft juga mengintegrasikan Microsoft Teams langsung ke Windows 11 untuk konsumen. Teams terintegrasi langsung ke bilah tugas, memungkinkan pengguna Windows 11 untuk menelepon teman, keluarga, atau rekan kerja.

Widget Windows dan gerakan sentuh juga merupakan bagian besar dari Windows 11. Widget adalah feed yang dipersonalisasi, didukung oleh AI, dan dibangun di atas widget yang telah diperkenalkan di Windows 10.
Windows 11. (Microsoft)


Widget meluncur dari sisi kiri Windows 11, dan Anda juga dapat membuatnya menjadi layar penuh. Widget bawaan mencakup umpan berita, cuaca, dan peta.

Menariknya, widget ini juga menyertakan widget yang memungkinkan Anda memberi tip kepada pembuat konten lokal langsung dari dalam Windows 11.

Microsoft juga meningkatkan gerakan yang dapat digunakan di tablet dan target sentuh. Alih-alih beralih ke mode tablet, Windows 11 hanya beradaptasi untuk memungkinkan pengguna menyentuh OS dengan mudah.

Lebih lanjut, sepertinya akan ada banyak perangkat keras baru yang akan mendukung perubahan di Windows 11.
Windows 11. (Microsoft)


Gaming
​​​​​​​

Xbox Series X / S, yaitu Auto HDR, akan menjadi bagian dari Windows 11. Mengaktifkan Auto HDR akan menambahkan rentang dinamis tinggi (HDR) ke sejumlah besar game DirectX 11 dan DirectX 12 selama pengguna memiliki monitor HDR yang kompatibel.

Microsoft juga menjanjikan peningkatan kecepatan dan kinerja untuk Windows 11. DirectStorage akan menjadi bagian dari Windows 11, fitur baru yang besar dari Xbox Series X / S. DirectStorage akan memerlukan drive NVMe terbaru untuk mempercepat waktu pemuatan game di Windows 11.

Xbox Game Pass juga sedang diintegrasikan ke dalam Windows 11, berkat aplikasi Xbox baru yang telah diuji perusahaan selama berbulan-bulan. Ini juga termasuk xCloud yang terintegrasi ke dalam aplikasi Xbox ini, sehingga pengguna juga dapat melakukan streaming game dari cloud Microsoft.
Windows 11. (Microsoft)


​​​​​​​Android

Terakhir, salah satu bagian terbesar dari Windows 11 adalah penyimpanan dan dukungan baru untuk aplikasi Android di Windows. Microsoft Store didesain ulang dan akan mendukung seluruh host aplikasi yang biasanya tidak tersedia di toko aplikasi Windows. Itu termasuk aplikasi dari Adobe Creative Suite, dan aplikasi Android termasuk TikTok dan Instagram.

Windows 11 juga akan menjalankan aplikasi Android. Microsoft telah bermitra dengan Amazon dan Intel untuk mewujudkannya, dan Windows 11 akan menggunakan teknologi Intel Bridge untuk mewujudkannya.

Microsoft mendemonstrasikan TikTok dan aplikasi Android lainnya yang berjalan bersama aplikasi Windows di Windows 11, dan perusahaan berencana untuk membagikan lebih banyak informasi tentang ini dalam beberapa bulan mendatang.

Belum ada tanggal rilis untuk Windows 11, tetapi Microsoft telah berjanji untuk menyediakannya sebagai peningkatan gratis untuk pengguna Windows 10 pada liburan ini.

Baca juga: Pengguna Windows 7 dan 8.1 bisa upgrade gratis ke Windows 11?

Baca juga: Microsoft Flight Simulatorhadirkan pemandangan baru di wilayah Nordik

Baca juga: Microsoft Flight Simulator hadir di konsol Xbox Series X/S 27 Juli

Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2021