Menteri Bintang: Perempuan UMKM jangan berhenti berkarya, berinovasi

id Menteri bintang puspayoga, umkm, pekan kebudayaan bali

Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Bintang Puspayoga ANTARA/Devi Nindy

Denpasar (ANTARA) - Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Bintang Puspayoga mengingatkan perempuan Indonesia pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) agar terus berkarya dan berinovasi meski di tengah situasi pandemi.

“Jangan pernah berhenti berkarya, jangan pernah berhenti berinovasi dan berkreativitas meski pasar kini tidak seperti biasanya,” ujar Bintang di Denpasar, Bali, Jumat.

Bintang menekankan pada perajin UMKM yang mayoritas kini merupakan perempuan, untuk menyesuaikan diri saat perekonomiannya terdampak pandemi COVID-19 dengan memproduksi barang sesuai kebutuhan dan keinginan pasar.

Baca juga: Menteri PPPA minta tiga aksi perlindungan korban anak dan perempuan

Minimal, mereka dapat memanfaatkan pemasaran secara daring dan penjualan dengan non-tunai. Seperti pada sejumlah gerai UMKM yang dikunjungi Menteri Bintang di Pekan Kesenian Bali XLIII tahun 2021.

Dia menjelaskan terutama para perempuan di Bali sangat terdampak secara perekonomian, lantaran suami mereka merupakan pelaku wisata yang terkena pemutusan hubungan kerja atau tidak mendapatkan hasil mencukupi.

“Perajin-perajin UMKM terutama perempuan teruslah berkarya. Kalau pasar itu pasti ada peluang-peluang, dan jangan berhenti di masa pandemi ini untuk dimaklumi daya beli masyarakat menurun pasti,” kata dia.

Bintang meyakini ketika UMKM perempuan bangkit kembali, pasar akan kembali normal. Namun ia mengingatkan para perempuan agar terus menjaga inovasi dan kreatifitas.

Baca juga: Rakornas PPPA hasilkan "Komitmen Bali" menuju sinergi pusat-daerah
Baca juga: Kementerian PPPA dorong pemda sediakan layanan kasus kekerasan-TPPO

Pewarta : Devi Nindy Sari Ramadhan
Editor: Triono Subagyo
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar