Pertandingan ini mirip dengan laga melawan Man City dan Liverpool
Jakarta (ANTARA) - Inggris bisa menyusul Italia, Belgia dan Belanda masuk 16 besar Euro 2020 jika Three Lions mencatat kemenangan kedua melawan Skotlandia sang tetangga dekat tetapi selalu sengit bersaing, dalam pertandingan kedua mereka di Grup D Euro 2020 di Stadion Wembley, London, Jumat dini hari pukul 02.00 WIB nanti.

Menurut mantan pelatih timnas Inggris Glenn Hoddle, kapan pun Inggris dan Skotlandia bertemu di lapangan hijau selalu lebih dari sekadar pertandingan sepak bola dan untuk itu pertandingan nanti bakal berlangsung sengit dari awal sampai akhir, apalagi Skotlandia sangat membutuhkan poin setelah menyerah 0-2 kepada Slovakia dalam pertandingan pertamanya di grup ini.

"Saya kira tekanan untuk bermain terbuka ada pada Skotlandia. Jika mereka mendapatkan hasil seri maka mereka sungguh berada dalam tekanan besar saat melawan Kroasia dalam pertandingan terakhirnya," kata Hoddle seperti dikutip Reuters.

Namun ada misi lain dari Skotlandia dalam laga ini, yakni membalas kekalahan 0-2 dari Inggris pada Euro 1996 di mana Gareth Southgate yang kini manajer Three Lions menjadi bagian dari tim yang mengalahkan Skotlandia.

Baca juga: Inggris hantam Skotlandia 3-0
Baca juga: Inggris bekuk Skotlandia 3-1

Tetapi Southgate meminta siapa pun tidak mengaitkan pertandingan di Grup D itu dengan peristiwa yang sudah terjadi 25 tahun lalu tersebut.

"Tujuan kami adalah lolos (16 besar). Itu yang menjadi fokus kami," tandas Southgate seperti dikutip AFP. "Saya ingin mereka mendekati laga ini seperti terhadap pertandingan-pertandingan sepakbola lainnya dan fokus bermain bagus."

Tetap saja bagi pendukung, pertandingan ini mungkin jauh lebih bergengsi daripada pertandingan-pertandingan lain, khususnya Skotlandia yang dalam beberapa tahun ini kerap mengancam memisahkan dari Inggris Raya atau United Kingdom yang salah satunya tidak setuju Britania keluar dari Uni Eropa.

Sekalipun hanya disediakan 2.500 tiket untuk total 22.500 penonton yang boleh masuk Stadion Wembley nanti, ribuan pendukung Skotlandia sudah membanjiri kota London. Mereka perlu melakukan ini karena mungkin dengan cara begini Skotlandia tersemangati menebus kekalahan 0-2 dari Republik Ceko empat hari sebelumnya.

Baca juga: Patrik Schick bawa Ceko raih kemenangan 2-0 atas Skotlandia

Kembali kalah akan membuat tim asuhan Steve Clarke mengubur impian masuk babak knockout untuk pertama kalinya, mengingat lawan terakhir mereka nanti adalah Kroasia sang finalis Piala Dunia 2018.

Peluang Skotlandia menciptakan kejutan mendapatkan suntikan semangat besar dari kabar bek Arsenal Kieran Tierney yang masuk lagi skuad setelah tak bisa turun bertanding bersama rekan-rekan satu timnya karena dihantam cedera hamstring.

"Dia pemain top berkarakter luar biasa dan orang yang kami ingin kembali ke tim. Dia orang yang kami butuhkan dan kami sangat mengandalkan dia," kata gelandang Skotlandia Scott McTominay.

McTominay mengaku timnya masih terluka oleh kekalahan dari Ceko dan menyatakan untuk itu tidak boleh kalah dari Inggris. Sebaliknya Inggris harus menjadi pelampiasan atas kekalahan dari Ceko tersebut.

"Anda harus memenangkan pertandingan ini tapi yang paling penting jangan sampai kalah. Kami harus mendapatkan hasil," kata gelandang Manchester United tersebut.

Tetapi bukan hanya Skotlandia yang memiliki tekad seperti itu. Inggris pun demikian. Striker Inggris Marcus Rashford bahkan sampai menyebut laga ini bagaikan pertandingan derbi dalam tingkat klub.

Baca juga: Rashford siap berjuang demi kesuksesan Inggris pada Piala Eropa 2020

"Pertandingan ini mirip dengan laga melawan Man City dan Liverpool. Unik memang dan saya menantikannya," kata Rashford.

Kalau Skotlandia mendapatkan suntikan semangat oleh bermainnya lagi Kieran Tierney, maka Inggris mendapatkannya dari fakta bergabungnya kembali kapten Harry Maguire berlatih bersama tim setelah melewati proses pemulihan dari cedera ligamen pergelangan kakinya.

Prediksi sebelas pemain pertama

Inggris:
Jordan Pickford; Kieran Tripier, John Stones, Tyrone Mings, Luke Shaw; Kalvin Phillips, Declan Rice; Mason Mount, Raheem Sterling, Phil Foden; Harry Kane

Skotlandia: Davis Marshall; Jack Hendry, Grant Hanley, Kieran Tierney; Stephen O’Donnell, Scott McTominay, John McGinn, Callum McGregor, Andy Robertson; Stuart Armstrong, Che Adams

Baca juga: Ditempa kerasnya liga domestik, Inggris favorit di Grup D Euro 2020
Baca juga: Gareth Southgate: Saya akan dianggap gagal bila tidak capai semifinal

Selanjutnya skenario pertandingan

Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2021