Jakarta (ANTARA) - realme meluncurkan ponsel realme 8 versi 5G, yang diklaim sebagai ponsel 5G dengan harga terjangkau untuk saat ini.

"Usia 18 sampai 24 tahun biasanya mengikuti tren 5G, mereka salah satu target kami," kata Direktur Pemasaran realme Indonesia, Palson Yi, saat jumpa pers virtual peluncuran realme 8 5G, Rabu.

Spesifikasi realme 8 5G berbeda dengan versi reguler, gawai ini mengutamakan kecepatan dan performa, bukan hanya kemampuan kamera dan desain ponsel.

Baca juga: realme 8 5G segera masuk Indonesia, diklaim ponsel 5G "termurah"

Pada ponsel ini realme menyematkan chip dari MediaTek Dimensity 700 5G, yang menggunakan fabrikasi 7 nanometer dan umumnya ditemukan di ponsel flagship. Ponsel ini menjanjikan daya yang lebih hemat dibandingkan dengan chip yang menggunakan fabrikasi 8 nanometer.

Selain hemat daya bawaan chip, ponsel ini dilengkapi fitur Smart 5G, penghemat daya untuk mendeteksi jaringan 5G di sekitar lokasi. Jika tidak sedang berada di lokasi yang terjangkau sinyal 5G, realme 8 secara otomatis akan beralih ke jaringan 4G.

Fitur ini diklaim bisa menghemat daya hingga 30 persen.

Baca juga: Review ponsel - vivo V21 5G, jagoan selfie yang andal untuk main game

Mungkin demi harga yang bersaing, realmi menyematkan kamera beresolusi lebih rendah pada ponsel 5G ini dibandingkan versi reguler. realme 8 5G menggunakan konfigurasi tiga kamera di belakang masing-masing berupa lensa utama 48MP, lensa portrait dan lensa makro masing-masing 2MP.

Di depan, terdapat kamera swafoto 16MP pada notch punch hole di pojok kiri layar.

Merek ponsel asal China ini menyematkan teknologi DRE pada RAM, yang bisa menggunakan kapasitas penyimpanan (ROM) ketika dibutuhkan. realme memberikan RAM dan ROM masing-masing 8GB dan 128GB, yang bisa diperluas dengan kartu memori hingga 1TB.

Sementara untuk baterai, realme 8 5G memiliki kapasitas 5.000mAh yang mendukung pengisian daya cepat 18W.

Perbedaan realme 8 5G dengan versi reguler langsung terlihat pada bodi ponsel, versi 5G tidak memiliki tulisan "Dare to Leap" di bodi belakang.

realme 8 versi 5G dijual seharga Rp3.199.000 dan hanya memiliki satu varian RAM dan ROM.

Baca juga: OPPO rilis Find X3 Pro 5G, ini spesifikasinya

Baca juga: Daftar ponsel yang bisa pakai 5G Telkomsel

Baca juga: Oppo K9 5G diperkenalkan dengan chipset Snapdragon 768G SoC

Pewarta: Natisha Andarningtyas
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2021