Jakarta (ANTARA) - Operator seluler Telkomsel mendorong 5G digunakan untuk mempercepat transformasi digital dan mendukung Industri 4.0 di dalam negeri.

Dorongan ini diwujudkan dengan menggandeng Schneider Electric untuk kolaborasi uji coba 5G di Batam, Kepulauan Riau.

"Kerjasama ini merupakan pemanfaatan layanan teknologi 5G pertama untuk dunia industri di Indonesia. Upaya kolaboratif ini menjadi bukti nyata komitmen kami dalam menghadirkan ekosistem layanan 5G Telkomsel yang tepat guna dengan menggandeng para pemangku kepentingan, terutama pelaku di industri. Kami akan terus membuka ruang kolaborasi yang sebesar-besarnya bagi para pelaku industri lainnya yang ingin memanfaatkan solusi berbasis teknologi 5G untuk mengakselerasi transformasi digital perusahaan," kata Senior Vice President Enterprise Account Management Telkomsel, Dharma Simorangkir, dalam keterangannya dikutip Rabu.

Baca juga: Telkomsel gandeng Schneider Electric percepat adopsi 5G di industri

Telkomsel dan Schneider Electric menandatangani nota kesepahaman untuk tiga program pemanfaatan 5G di sektor industri. Pertama, fitur live streaming virtual tour pabrik Schneider Electric di Batam agar bisa dikunjungi mitra global.

Kedua, teknologi EcoStruxure Augmented Operator Advisor akan digunakan melalui tablet yang terhubung jaringan 5G. Teknologi ini bisa membantu teknisi untuk pemeliharaan jarak jauh.

Ketiga, penggunaan sistem EcoStruxure Machine Advisor, yang akan menghubungkan benda internet of things (IoT), berupa sensor dan drive, ke online dashboard monitoring machine fleet management. Sistem ini bisa memantau proses produksi secara aktual melalui dashboard yang tersedia.

Kolaborasi ini menjadi tahap awal pengembangan produk dan layanan 5G dari Telkomsel untuk sektor industri.

"Telkomsel akan terus mendorong lebih banyak tersedianya variasi produk, layanan, dan solusi digital yang lebih inovatif dan customer-centric kepada para pelaku industri di seluruh nusantara. Dengan begitu, 5G dari Telkomsel akan mendorong transformasi dunia industri Indonesia menuju industri 4.0 dengan kedaulatan dan kemandirian digital yang utuh, sehingga manfaatnya bisa dirasakan secara nyata," kata Dharma.

Baca juga: realme 8 5G berkolaborasi dengan "Fast & Furious 9"

Baca juga: Layanan 5G Indosat Ooredoo tersedia di empat kota

Baca juga: Kominfo beri izin Indosat komersialisasi layanan 5G

Pewarta: Natisha Andarningtyas
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2021