Menkominfo ingatkan pelaku ekonomi digital perkuat keamanan data

id menkominfo,kominfo,e-commerce,marketplace,idea

Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate dalam acara virtual Jakarta Marketing Week 2021, Kamis (10/6/2021). ANTARA/Dok-kominfo.go.id/am.

Jakarta (ANTARA) - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) RI Johnny G Plate mengingatkan para pelaku di ekosistem ekonomi Indonesia untuk terus memperkuat keamanan data masyarakat sebagai pengguna layanan tersebut.

"Tata kelola data untuk mendukung adopsi teknologi dan pemanfaatan data untuk menunjang optimalisasi produktivitas di berbagai sektor termasuk ekonomi digital, diperlukan tata kelola yang mencakup aspek jaminan keamanan, keandalan dan kelaikan sistem elektroniknya," kata Menkominfo di Jakarta, Selasa (15/6) malam.

Lebih lanjut, ia menyinggung soal perlindungan data pribadi. Ia mengatakan, penting untuk memoderasi konten dengan muatan yang tidak melanggar peraturan.

Baca juga: Menkominfo: Putusnya SMPCS tak buat seluruh Papua alami gangguan

"Kita harus pastikan ruang digital dimanfaatkan dengan baik. Hal-hal yang menyinggung dan melanggar undang-undang, zero tolerance. Kami ingin membangun ruang digital yang sehat untuk rekan-rekan sekalian," kata Menkominfo.

Menteri Johnny mengingatkan para pelaku ekonomi digital untuk selalu memperhatikan tata kelola data secara administratif maupun dari sisi manajemen dan teknologinya.

"Saya ingatkan, tata kelola data jangan main-main, jangan sampai mengacu pada hal-hal yang sifatnya administratif saja, seperti misalnya mendapatkan ISO, dan lainnya. Itu adalah management. Tapi, teknologi juga. Kemampuan teknologi yang terus berkembang. Jangan lupa untuk terus meningkatkan kemampuan teknologi security," ujar Menkominfo.

"Tata kelola manajemen. Kalau sampai ada data yang bocor dari dalam, saya tidak toleransi, karena itu di dalam kontrol, dan itu bermain-main dengan tata kelola data," imbuhnya.

Menkominfo juga mengingatkan untuk terus berinvestasi di sisi sumber daya manusia (SDM), terutama yang berhubungan dengan teknologi keamanan (security), baik dari sisi jumlah maupun kualitasnya.

"Kominfo sebagai vocal point pemerintah terus mendorong perkembangan ekosistem ekonomi digital yang tangkas, lincah, dan berani demi tecapainya gebrakan inovatif yang semakin maju," kata dia.

"Kalau komitmen kita bersama di sana, maka saya yakin kita bisa membangun konektivitas untuk Indonesia yang semakin digital dan semakin maju," pungkasnya.

Baca juga: Kolaborasi lintas sektor penting bagi digitalisasi UMKM

Baca juga: Menkominfo: Pandemi pacu humas pemerintah adaptasi kebiasaan baru

Baca juga: Indonesia tindaklanjuti kerja sama digital dengan Arab Saudi

Pewarta : Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar