UI kerja sama pendidikan online dengan PT Cyber Edu Inkor

id Ui,Ui depok,PT Cyber Edu Inkor

Universitas Indonesia (UI) menandatangani perjanjian kerja sama dengan PT Cyber Edu Inkor. (ANTARA/Humas UI)

Depok (ANTARA) - Universitas Indonesia (UI) menandatangani perjanjian kerja sama dengan PT Cyber Edu Inkor dalam rangka pembuatan, pengembangan, dan pemasaran Program Eksekutif Global yang dilaksanakan di Ruang Rapat A Gedung Pusat Administrasi Universitas, Kampus UI Depok.

Penandatanganan dilakukan oleh Wakil Rektor UI Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Prof. Abdul Haris, dan Direktur Utama PT Cyber Edu Inkor Jang Youn Cho yang menjadi perwakilan dari masing-masing instansi.

"Saya mengapresiasi kerja sama ini karena nantinya menjadi salah satu laporan implementasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka di UI. Program ini merupakan kolaborasi industri dan ahli dari luar UI, yang bertujuan mendorong para pengajar UI mendapatkan pengalaman di industri," kata Abdul Haris dalam keterangannya, Selasa.

Haris berharap dapat terwujud kolaborasi antara sivitas akademika UI dengan mitra dari luar.

Baca juga: Vokasi UI juara pertama lomba poster ikatan fisioterapi Indonesia

Baca juga: Wakil Wali Kota Depok dorong mahasiswa mengenal peluang usaha


Haris memperkenalkan Prof. Cho yang pernah menjabat sebagai vice president di Hankuk University, rektor di Cyber University of Foreign Studies, Hankuk University (2014-2017), juga dikenal sebagai profesor pendidikan online pertama di Korea.

Prof. Cho membuka program MBA siber ketika masih menjabat dekan di pascasarjana School of Business. Latar belakang itu membuatnya mendesain program kerja sama ini.

"Ide saya adalah mencoba bekerja sama dengan para ahli/praktisi di bidang bisnis serta kombinasi antara semua multidisiplin ilmu untuk dapat bersedia menjadi pelatih (trainer) dan juga kerja sama dalam berbagai aspek, seperti pengembangan platform sebagai wadah belajar atau e-meeting dalam rangka pembuatan, pengembangan dan pemasaran Program Eksekutif Global," katanya.

"Perencanaan ini harus segera direalisasikan. Kami juga mengundang semua dekan agar bersinergi mewujudkan program ini karena para ahli yang akan menjadi pelatih dari fakultas. Semoga kesepakatan ini segera terwujud,” kata Prof. Haris.

Sementara itu, Prof. Cho mengatakan telah memiliki banyak pengalaman, seperti selama 20 tahun sebagai rektor, dekan sekolah bisnis, sehingga memiliki kesempatan untuk menjalankan program ini.

Ia berharap program kerja sama tersebut dapat berkembang, tidak hanya di Indonesia, namun hingga ke negara lain di Asia Tenggara.

Ruang lingkup kerja sama yang dilakukan dalam kerja sama ini meliputi pendidikan dan dukungan terhadap pelaksanaan pembuatan, pengembangan dan pemasaran Program Eksekutif Global, dukungan terhadap peningkatan sumber daya manusia, organisasi, dan manajemen yang disepakati oleh para pihak.

Acara tersebut dihadiri oleh Rektor Universitas Nasional Dr. Drs. H. El Amry Bermawi Putera, M.A, perwakilan pimpinan PT Cyber Edu Inkor, dan jajaran pimpinan di lingkungan UI, diantaranya Wakil Rektor Bidang SDM dan Aset Prof. Dr. Ir. Dedi Priadi, DEA; Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Dr. Arie Setiabudi Soesilo, M.Sc.;

Selanjutnya Direktur Sekolah Ilmu Lingkungan Dr. dr. Tri Edhi Budhi Soesilo, M.Si.; Direktur Sekolah Kajian Stratejik dan Global Athor Subroto, S.E., M.M., M.Sc., Ph.D.; Wakil Direktur Program Vokasi Bidang Pendidikan, Penelitian dan Kemahasiswaan Padang Wicaksono, S.E., Ph.D.;

Hadir juga, Kepala Center for Independent Learning (CIL) F. Astha Ekadiyanto; Direktur Kemahasiswaan Dr. Tito Latif Indra, M.Si; Kasubdit Kerjasama Akademik Dan Pemerintah, Direktorat Kerja Sama Dr.Eko Sakapurnama, S.Psi., MBA; dan Sekretaris Pimpinan FEB UI Herda J.T Pradsmadji M.Pd.*

Baca juga: Hari Purbakala ke-108, akademisi UI harapkan peningkatan kolaborasi

Baca juga: Epidemiolog: Tingkatkan cakupan vaksinasi antisipasi lonjakan kasus

Pewarta : Feru Lantara
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar