Mendes minta pejabat Kemendes PDTT tingkatkan sinergitas dan soliditas

id Mendes,Pelantikan pejabat Kemendes

Menteri Desa, PDT dan Transmigrasi, Abdul Halim Iskandar (kanan) melantik sejumlah Pejabat di lingkungan Kemendes PDTT di Jakarta, Senin (14/6/2021). (ANTARA/HO-Kemendes PDTT)

Jakarta (ANTARA) - Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT), Abdul Halim Iskandar meminta pejabat di lingkungannya untuk terus meningkatkan sinergitas dan soliditas agar capaian kinerja Kemendes PDTT maksimal.

"Tentu kita berharap kekompakan, kebersamaan, untuk terus bersama-sama melaksanakan tugas-tugas yang kita emban secara maksimal," ujar Mendes PDTT saat melantik pejabat Pimpinan Tinggi Madya dan Pratama Kemendes PDTT di Jakarta, Senin.

Mengawali sambutannya, ia mengatakan bahwa di mana pun dan di level apa pun dalam mengemban jabatan akan ada dua hal yang tidak bisa dipisahkan, yaitu tanggung jawab dan masalah.

Oleh karena itu, ia meminta pejabat di lingkungan Kemendes PDTT tidak hanya berpikir tanggung jawab saja, tapi juga berpikir masalahnya, begitu pun sebaliknya.

Baca juga: Mendes optimistis pembangunan lebih terarah melalui SDGs desa

"Itu adalah sebuah konsekuensi di mana pun kita berada, jadi apa pun, di level apa pun," kata Gus Menteri, demikian ia biasa disapa.

Ia menambahkan, tugas dan tanggung jawab yang sudah dibebankan harus dilaksanakan dengan sebaik-baiknya.

"Senantiasa bertumpu pada kepentingan kesejahteraan masyarakat Indonesia sesuai dengan wilayah tugas kita," ucapnya.

Prosesi pelantikan diawali dengan pembacaan surat Keputusan Presiden Nomor 78/TPA/2021 dan Keputusan Mendes PDTT Nomor 43 Tahun 2021. Dilanjutkan dengan pembacaan naskah pengambilan sumpah jabatan oleh Mendes PDTT.

Setelah itu, acara dilanjutkan dengan penandatanganan oleh Luthfiyah Nurlaela dan Bito Wikantosa yang disaksikan langsung oleh Inspektur Jenderal Kemendes PDTT, Ekatmawati, dan Staf Ahli Bidang Pengembangan Ekonomi Lokal, Ansar Husen.

Disebutkan, nama-nama pejabat Pimpinan Tinggi Madya dan Pratama Kemendes PDTT yang dilantik hari ini, yakni Prof. Dr. Luthfiyah Nurlaela, M.Pd sebagai Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Pemberdayaan Masyarakat Desa, Daerah Tertinggal dan Transmigrasi.

Kemudian, Sugito, S.Sos., MH sebagai Direktur Jenderal Pembangunan Desa dan Perdesaan Kemendes PDTT

Dan, Bito Wikantosa, S.S., M. Hum sebagai Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan Kemendes PDTT.

Baca juga: Mendes PDTT dorong Bumdes berbadan hukum
Baca juga: Mendes PDTT: Honor pendamping lokal desa naik mulai 2022

 

Pewarta : Zubi Mahrofi
Editor: Triono Subagyo
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar