Jayapura (ANTARA) - Atlet cabang olahraga Sepak Takraw Papua menjalani try out di Sulawesi hingga Agustus 2021 untuk pematangan dan mengukur kemampuan menjelang pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX pada Oktober 2021.

Ketua Umum Pengprov Persatuan Sepak Takraw Indonesia (PSTI) Papua Elia Loupatty di Jayapura, Minggu, mengatakan kontingennya direncanakan akan mengunjungi sejumlah fasilitas pelatihan sepak takraw di Sulawesi Barat dan sekitarnya.

"Dari segi kualitas lawan tanding maupun tempat pelatihan, Sulawesi Barat dinilai sudah sangat menenuhi syarat untuk mengukur kemampuan para atlet takraw Papua," katanya.

Menurut Elia, para atlet sepak takraw ini telah berangkat sejak Juni 2021 dan akan kembali pada Agustus 2021 dari Sulawesi setelah menjalani try out tersebut.

"Sebab sekembalinya ke Papua harus mematangkan diri lagi di sini, kemudian pengenalan tempat pertandingan lalu venue-venue, dengan begitu harapannya, para atlet ini menghasilkan prestasi yang lebih baik," ujarnya.

Dia menjelaskan pihaknya mewajibkan para atlet sepak takraw untuk mendulang medali, pasalnya akan bertanding di “rumah sendiri”.

Sementara itu, Sekretaris PSTI Papua Ahmad Yamin mengatakan pihaknya meminta dukungan dan doa masyarakat Bumi Cenderawasih, agar para atlet sepak takraw Papua bisa melakukan try out dengan baik selama di Sulawesi.

“Mudah-mudahan sekembalinya ke Papua, para atlet bisa mengukur diri untuk bisa meraih prestasi terbaik di PON," katanya.

Dia menambahkan pasalnya, dari try out ini pasti ada koreksi, masukan dan evaluasi yang bisa dilakukan untuk supaya para atlet bisa lebih baik, ketika berlaga di ajang PON mendatang.

Pewarta: Hendrina Dian Kandipi
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2021