Rusia uji vaksin COVID-19 versi semprotan hidung untuk anak

id vaksin COVID-19,semprotan hidung,Sputnik V

Seorang perawat memperlihatkan sebuah kotak dengan vaksin Rusia "Sputnik-V", untuk melawan penyakit virus corona (COVID-19), di sebuah klinik di Moskow, Rusia, Kamis (17/9/2020). ANTARA FOTO/REUTERS/Tatyana Makeyeva/aww/cfo/am.

Moskow (ANTARA) - Rusia menguji vaksin COVID-19 versi semprotan hidung yang cocok untuk anak-anak berusia 8-12 tahun, dan berencana meluncurkan produk baru tersebut pada September, menurut ilmuwan yang memimpin pengembangan vaksin Sputnik V, Sabtu (12/6).

Alexander Gintsburg, kepala Institut Gamaleya yang mengembangkan Sputnik V, mengatakan semprotan untuk anak-anak menggunakan vaksin yang sama "hanya bukannya jarum, tetapi semprotan hidung," kantor berita TASS melaporkan.

Vaksin anak tersebut diperkirakan siap didistribusikan pada 15 September, kata Gintsburg seperti dikutip selama pertemuan dengan Presiden Vladimir Putin.

Kelompok peneliti itu menguji vaksin pada anak-anak berusia antara 8-12 tahun dan tidak menemukan adanya efek samping di antara kelompok yang diuji, termasuk tidak adanya peningkatan suhu tubuh, tutur Gintsburg dalam komentar yang dilansir oleh TASS.

"Kami sedang memvaksinasi (pasien) kecil kami melalui hidung, kami hanya memberikan vaksin yang sama seperti semprotan hidung," katanya, tanpa memberikan penjelasan lebih lanjut seperti jumlah anak-anak yang terlibat dalam studi tersebut.

Sumber: Reuters

Baca juga: Rusia tawarkan vaksinasi untuk orang asing yang berkunjung

Baca juga: Rusia produksi vaksin COVID-19 untuk hewan

Baca juga: Brazil restui vaksin Sputnik V buatan Rusia


 

Vaksin tiba, pemerintah upayakan pasokan lewat kemitraan-kemitraan


Pewarta : Asri Mayang Sari
Editor: Tia Mutiasari
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar