Dinkes: 35,3 persen dari 1,5 juta warga Sulsel telah divaksin

id Vaksinasi COVID-19, vaksinasi gotong royong, Dinkes Sulsel

Pelaksanaan vaksinasi COVID-19 massal di Makassar, Sulawesi Selatan. ANTARA/Nur Suhra Wardyah.

Makassar (ANTARA) - Dinas Kesehatan Sulawesi Selatan mencatat sebanyak  531.328 orang atau 35,3 persen dari total 1, 5 juta lebih warga Sulsel telah divaksin COVID-19 dosis pertama hingga 11 Juni 2021.

Mereka merupakan kelompok masyarakat yang dianggap paling bisa menularkan dan tertularkan, seperti tenaga kesehatan, petugas publik dan lansia (lanjut usia).

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Sulawesi Selatan dr Nurul di Makassar, Sabtu menyampaikan pihaknya sedang melakukan vaksinasi masyarakat rentan seperti penyandang disabilitas dan ODGJ (Orang dengan gangguan jiwa).

"Kelompok rentan sudah jalan, kita sudah rapat dengan masing-masing pemda, mereka siap sasar masyarakat rentan ini," ujarnya.

Baca juga: Ratusan jamah calon haji Bulukumba-Sulsel telah divaksin COVID-19
Baca juga: Strategi daerah mempercepat vaksinasi COVID-19 bagi lanjut usia


Selain itu, Dinkes Sulsel juga kembali menggenjot pelayanan vaksinasi bagi guru dan lansia, meningkatkan berbagai strategi guna menjangkau masyarakat agar tidak menolak divaksin.

"Kita dorong kabupaten dan kota selesaikan vaksinasi guru. Masyarakat rentan kita sudah mulai selama mencukupi vaksinnya," ujarnya.

Berdasarkan data Dinkes Sulsel, vaksinasi guru telah dilakukan kepada 115.376 orang atau 71,86 dari total target 160.549 orang guru pada dosis pertama dan 39,82 persen telah mendapat dosis ke dua.

Tidak kalah penting saat ini ialah vaksinasi lansia yang telah mencapai 54.569 orang atau baru 7,24 persen dari target sebanyak 753.303 orang sedangkan dosis ke dua telah disuntikkan kepada 30.921 atau 4,10 persen.

Sementara itu, Nurul menyebutkan bahwa vaksinasi gotong royong sedang dalam tahap persiapan, namun hingga saat ini stok vaksin belum datang dari pusat.

"Sedang dipersiapkan vaksinnya.
Vaksinnya belum datang, akhir Juni atau minggu ke empat Juni kita sudah mulai vaksinasi gotong royong," katanya.

Baca juga: Vaksinasi lansia di Pangkep Sulsel terkendala vaksin
Baca juga: Layanan vaksinasi Sulsel dibuka malam hari selama Ramadhan
Baca juga: Vaksinasi lansia di Pangkep Sulsel terkendala vaksin

Pewarta : Nur Suhra Wardyah
Editor: Budhi Santoso
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar