Menkominfo: Pandemi pacu humas pemerintah adaptasi kebiasaan baru

id menkominfo,kominfo,johnny g plate,johnny plate,humas pemerintah,humas kominfo

Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate dalam acara virtual Jakarta Marketing Week 2021, Kamis (10/6/2021). ANTARA/kominfo.go.id

Jakarta (ANTARA) - Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate menilai pandemi virus corona memacu bagian hubungan masyarakat (humas) pemerintah harus beradaptasi dengan kebiasaan baru.

"Dengan kondisi pandemi COVID-19, Indonesia bahkan di seluruh dunia dirangsang untuk melakukan berbagai aktivitas kehidupan non-digital menjadi kehidupan di ruang digital, termasuk humas pemerintahan," kata Johnny saat acara Jakarta Marketing Week 2021, dikutip dari keterangan pers, Jumat.

Tantangan yang dihadapi humas pemerintah kian berat, apalagi digitalisasi semakin gencar di tengah pandemi virus corona.

Menurut Johnny, pandemi virus corona membawa perubahan yang sangat signifikan kepada tatanan gaya bekerja baru yang dialami humas pemerintah.

Pemerintah dituntut lebih aktif untuk menyampaikan informasi kebijakan secara langsung, melalui saluran media komunikasi kepada masyarakat, kapan saja dan di mana saja.

"Hal ini diperlukan agar masyarakat dapat merasakan kehadiran pemerintah di tengah masyarakat secara nyata," kata Johnny.

Menurut Johnny, pandemi COVID-19 mendorong seluruh anggota humas pemerintah, baik di kementerian, lembaga maupun pemerintah daerah untuk mampu beradaptasi mengubah kebiasaan baru.

Sebelumnya, mereka lebih banyak berinteraksi fisik secara tatap muka, kemudian beralih ke dunia virtual dengan memanfaatkan kemajuan teknologi komunikasi.

Kominfo dalam acara tersebut meraih penghargaan Humas Entrepreneur Award 2021 Bronze Winner untuk kategori kementerian/lembaga.

Penghargaan tersebut diberikan atas kampanye dan citra baru Kominfo melalui "tagline" #SemakinDigital #SemakinMaju, peran Kominfo sebagai pengajar literasi digital untuk terus berupaya mengedukasi masyarakat melalui beragam pelatihan melalui media digital.

Selain Kominfo, Direktorat Jenderal Bea Cukai Kementerian Keuangan juga meraih penghargaan untuk kampanye #PeranBeaCukaiDalamPemulihanEkonomiNasional.

Penghargaan juga diberikan kepada Badan Pusat Statistik untuk #MencatatIndonesia dan Pusat Pengelolaan Dana Pembiayaan Perumahan, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat untuk #CariRumahTanpaKeluarRumahDenganSiKasep, berkat kemampuan mengkomunikasikan program di tengah keterbatasan akibat pandemi virus corona.

Baca juga: Gubernur: ASN Pemerintah Aceh wajib vaksin

Baca juga: Jaga kondusivitas, Polri ajak humas pemerintah konter isu negatif

Baca juga: Pranata humas diharapkan jadi "influencer" pemerintah


Pewarta : Natisha Andarningtyas
Editor: Ida Nurcahyani
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar