Jakarta kemarin, dari uji jalur sepeda hingga ganja hidroponik

id Uji Sepeda Sudirman-Thamrin,SPPT PBB-P2 DKI,Kodam Jaya,Vaksin Astrazeneca,Pendataan Fakir Miskin,DPRD DKI,Hari Lingkungan,Emisi Karbon,Kebun Ganja Hid

Pesepeda melintas di Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta, Minggu (6/6/2021). Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan berencana menambah jalur sepeda sepanjang 101 kilometer di Jakarta pada 2021 untuk memfasilitasi warga agar dapat bersepeda secara aman. ANTARA FOTO/Aprillio Akbar/foc.

Jakarta (ANTARA) - Berbagai peristiwa di Jakarta dan sekitarnya dimonitor, direkam, kemudian disiarkan oleh tim redaksi Metropolitan Kantor Berita ANTARA pada Minggu (6/6) dan masih layak Anda baca untuk mengisi Senin pagi ini.

Mulai dari informasi mengenai uji coba jalur sepeda di ruas Jalan Sudirman-Thamrin untuk sepekan, pendataan fakir miskin dan orang tidak mampu secara daring, hingga pemadaman lampu yang mampu mengurangi emisi karbon hingga ratusan ton, sampai penggerebekan kebun ganja hidroponik.

Berikut rangkuman berbagai informasi di Jakarta yang disiarkan ANTARA pada Minggu (6/6):

1. Uji coba sepeda sebagai alat transportasi berlangsung sepekan

Jakarta (ANTARA) - Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo mengatakan pelaksanaan uji coba sepeda sebagai alat transportasi akan berlangsung sepekan di Jalan Sudirman-Thamrin mulai Senin (7/6).

Syafrin mengatakan untuk tahap pengujian awal, sepeda akan dicoba melintasi lajur paling kiri jalan protokol tersebut selama satu setengah jam, mulai pukul 05.00 sampai 06.30 WIB.

"Uji coba tahap awal akan dilakukan saat hari kerja seminggu ke depan, dari Senin sampai Jumat. Jika di sana ada tiga lajur, dua lajur kendaraan bermotor di satu lajur pada jam 05.00 sampai 06.30, itu difokuskan pada kegiatan bersepeda," ujar Syafrin dalam keterangannya di Jakarta, Minggu.

Selengkapnya di sini.

2. Penyampaian SPPT PBB-P2 DKI 2021 dilaksanakan secara elektronik

Jakarta (ANTARA) - Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) DKI Jakarta menyebutkan penyampaian Surat Pemberitahuan Pajak Terutang Pajak Bumi dan Bangunan Perdesaan dan Perkotaan (SPPT PBB-P2) 2021 di Jakarta akan dilaksanakan secara elektronik.

Plt. Kepala Bapenda DKI Jakarta Sri Haryati menyatakan hadirnya SPPT PBB-P2 dalam bentuk elektronik mulai tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya yang dilakukan secara manual dalam bentuk cetakan kertas melalui kantor Kelurahan dan RT/RW setempat.

"Pemprov DKI senantiasa mengimbau kepada wajib pajak untuk mendaftarkan e-SPPT PBB-P2 supaya bisa disampaikan secara elektronik. Kebijakan ini diharapkan bisa memberi kemudahan kepada para wajib pajak dalam mengakses dokumen pajak, sekaligus menjadi langkah awal yang strategis untuk melaksanakan digitalisasi pajak daerah," kata Sri Haryati.

Selengkapnya di sini.

3. Kodam Jaya kawal kiriman 313.200 dosis vaksin AstraZeneca ke Bandung

Jakarta (ANTARA) - Komando Daerah Militer (Kodam) Jayakarta melalui Polisi Militer Kodam Jaya mengawal pengiriman 313.200 dosis vaksin AstraZeneca yang tiba di Terminal Kargo Bandara Soekarno-Hatta (Soetta), Cengkareng, Jakarta Barat ke Bandung, Jawa Barat.

Kepala Penerangan Kodam Jaya Kolonel Arh Herwin BS, dalam keterangannya yang diterima di Jakarta, Minggu, mengatakan Kodam Jaya beserta unsur terkait lainnya mengawal vaksin AstraZeneca dari Inggris tersebut hingga tiba ke Gudang Bio Farma, kawasan Pasteur, Bandung, Jawa Barat,  Sabtu.

"Sebagaimana telah dilaksanakan sebelumnya, kali ini Kodam Jaya kembali terlibat langsung dalam proses pengamanan dan pengawalan vaksin tersebut, mulai dari kedatangan di Bandara Soetta sampai dengan tujuan ke gudang Bio Farma, Bandung, Jawa Barat," ujar Herwin.

Selengkapnya di sini.

4. DKI data fakir miskin dan orang tidak mampu secara daring mulai 7 Juni

Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mendata fakir miskin dan orang tidak mampu secara daring melalui Pusat Data dan Informasi Jaminan Sosial (Pusdatin Jamsos) Dinas Sosial Provinsi DKI Jakarta sejak  7 Juni 2021.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan data tersebut termasuk dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) itu harus didaftarkan oleh peserta secara langsung dengan mengakses tautan fmotm.jakarta.go.id mulai Senin (7/6) sampai Jumat (25/6)

"Pemprov DKI Jakarta melalui Dinas Sosial Provinsi DKI Jakarta kembali membuka pendaftaran DTKS melalui sistem FMOTM yang akan dilaksanakan secara daring pada 7-25 Juni 2021," kata Anies dalam keterangan foto pada akun media sosial aniesbaswedan, yang dilihat di Jakarta, Minggu.

Selengkapnya di sini.

5. Anggota DPRD DKI sayangkan sikap penganakemasan sepeda

Jakarta (ANTARA) - Anggota DPRD DKI Jakarta Hardiyanto Kenneth menyayangkan sikap Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta yang menganakemaskan pengguna sepeda setelah munculnya penyataan Gubernur Anies Baswedan soal pesepeda yang lebih berisiko dibanding pengendara kendaraan bermotor sehingga harus diutamakan.

"Saya tidak setuju dengan pendapat yang dilontarkan oleh Pak Anies, yang mengenai pemotor diminta untuk lebih menghormati pesepeda yang melintas di jalan, menurut saya jika pesepeda mempunyai etika dan sopan santun dalam berkendara di jalan, tidak akan terjadi konflik dan opini negatif berkepanjangan seperti sekarang ini," kata Kenneth dalam keterangannya di Jakarta, Minggu.

Selengkapnya di sini.

6. Pemadaman lampu saat Hari Lingkungan kurangi emisi karbon 118,5 ton

Jakarta (ANTARA) - Pemadaman lampu di DKI Jakarta dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia pada Sabtu (5/6) telah mengurangi emisi karbon mencapai 118,54 ton.

Emisi karbon yang berkurang saat pemadaman lampu memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia itu meningkat hampir empat kali lipat dibandingkan pemadaman listrik untuk memperingati Hari Bumi pada 24 April 2021.

"Estimasi penurunan emisi karbon pada 24 April 2021 sebanyak 29,90 ton. Pada 5 Juni 2021 sebanyak 118,54 ton," ujar Pelaksana Tugas Kepala Dinas Lingkungan Hidup (LH) DKI Syaripudin dalam keterangannya di Jakarta, Ahad.

Selengkapnya di sini.

7. Polrestro Jakarta Barat gerebek kebun ganja hidroponik

Jakarta (ANTARA) - Polres Metro Jakarta Barat menggerebek salah satu rumah di Brebes, Jawa Tengah, yang dijadikan tempat penanaman ganja dengan sistem hidroponik.

"Ya benar kami baru saja melakukan penggerebekan di sebuah rumah di daerah Brebes, Jawa Tengah, yang dijadikan tempat penanaman pohon ganja," kata Kapolres Metro Jakarta Barat Kombes Pol Ady Wibowo saat dikonfirmasi di Jakarta, Minggu.

Selengkapnya di sini.

Pewarta : Ricky Prayoga
Editor: Edy Sujatmiko
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar