Tim Ksatria UI juara pertama cerdas cermat daring FUN BPK 2021

id ui cerdas cermat,BPK,ui depok,universitas indonesia

Pengumuman pemenang oleh Dewan Juri beserta 3 tim terbaik di babak final FUN BPK 2021 (ANTARA/Foto: Humas UI)

Depok (ANTARA) - Tim Ksatria Universitas Indonesia (UI) yang terdiri dari tiga mahasiswa lintas program studi meraih juara pertama kompetisi Cerdas Cermat Online tingkat nasional Festival Untuk Negeri (FUN) Badan Pemeriksa Keuangan 2021.

Ketigamahasiswa tersebut adalah Saidina Malik Harahap (Ilmu Kesejahteraan Sosial 2018), Achmad Zulvickar (Geofisika 2018), dan Dzulfikar al-anshari (Ekonomi Islam 2018).

Baca juga: BPK gelar sosialisasi akuntabilitas pengelolaan keuangan negara

Rektor UI Prof Ari Kuncoro dalam keterangannya di Depok, Minggu, mengatakan masa pandemi ini tidak menyurutkan semangat mahasiswa untuk tetap menorehkan prestasi, baik di tingkat nasional maupun internasional.

Ia berharap agar berbagai prestasi yang telah diukir sivitas akademika UI dapat menginspirasi sivitas akademika lainnya untuk terus berkarya dan membanggakan Indonesia.

Kegiatan FUN BPK 2021 merupakan kedua kalinya dilaksanakan oleh BP. Sebelumnya FUN BPK 2020 dilaksanakan pada  Agustus 2020. Kegiatan FUN BPK 2021 diharapkan dapat menjadi sumber inspirasi bagi generasi muda agar selalu terpacu untuk berprestasi di tengah tuntutan mencari ilmu dalam kondisi adaptasi kebiasaan baru.

Tim Ksatria meraih juara 1 Cerdas Cermat Online yang diikuti oleh 144 tim dari 76 perguruan tinggi negeri (PTN) dan perguruan tinggi swasta (PTS), serta sekolah tinggi di Indonesia.

BPK RI menyelenggarakan FUN 2021 dengan mengangkat tema “Menciptakan Semangat Belajar pada Pendidikan Jarak Jauh”. Rangkaian kegiatan FUN BPK 2021 terdiri dari Cerdas Cermat Online dan Talkshow Online.

Festival ini dilaksanakan sebagai solusi atas permasalahan kejenuhan belajar yang dialami oleh para pelajar dan mahasiswa pada pendidikan jarak jauh yang disebabkan pandemi COVID-19 dan untuk menyemarakkan Peringatan Hari Pendidikan Nasional yang diperingati setiap tanggal 2 Mei.

Sekretaris Jenderal BPK, Bahtiar Arif menyatakan FUN BPK, selain dilaksanakan dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional juga untuk memperkenalkan Museum BPK di Magelang.

Kegiatan tersebut juga ditujukan untuk memberikan sosialisasi dan edukasi atas nilai akuntabilitas dalam pengelolaan keuangan negara serta membangun komunikasi secara efektif dengan pemangku kepentingan, khususnya mahasiswa/mahasiswi.

"FUN BPK bertujuan untuk mengetahui tingkat pemahaman publik, khususnya generasi muda tentang BPK, kebangsaan, serta isu-isu keuangan negara yang berkembang di masyarakat saat ini," katanya.

Baca juga: MWA UI akan gelar webinar soal pendidikan Indonesia

Baca juga: Mahasiswa Prodi Humas Vokasi UI juara 2 Comminfest 2021


Oleh karena itu, kegiatan ini diharapkan dapat menjadi jembatan dalam menanamkan nilai-nilai Pancasila, UUD 1945, Bhineka Tunggal Ika, dan tidak kalah penting memberikan pengetahuan terhadap peran Lembaga Negara, di antaranya BPK dalam sistem ketatanegaraan Indonesia dan pemeriksaan pengelolaan serta tanggung jawab keuangan negara.

Lomba Cerdas Cermat Online merupakan lomba ketangkasan (cepat dan tepat) dalam menjawab pertanyaan-pertanyaan. Lomba ini dilaksanakan secara virtual dengan beberapa tahap kegiatan yang dimulai 29 April sampai dengan 3 Mei 2021.

Lomba ini merupakan lomba dengan peserta kelompok dimana satu kelompok/tim terdiri dari tiga orang mahasiswa/mahasiswi dari berbagai jurusan. Materi pertanyaan yang diajukan kepada peserta terkait dengan wawasan kebangsaan, wawasan ke-BPK-an, isu/berita terkini mengenai peristiwa yang terjadi di Indonesia, dunia, dan berita seputar politik dan hukum, serta pembelajaran jarak jauh.

Pewarta : Feru Lantara
Editor: Endang Sukarelawati
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar