Jakarta (ANTARA) - Ketua Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD RI) AA LaNyalla Mahmud Mattalitti dan tokoh senior Partai Golkar Aburizal Bakrie menyampaikan ucapan duka cita atas wafatnya Wakil Gubernur Provinsi Papua Klemen Tinal dan keduanya berharap keluarga yang ditinggalkan tetap tabah.

“Saya atas nama pribadi serta DPD RI menyampaikan duka cita yang mendalam atas meninggalnya Wakil Gubernur Papua, Klemen Tinal, pagi tadi. Semoga amal ibadahnya diterima Allah SWT dan keluarga yang ditinggalkan diberi kekuatan iman dan ketabahan,” kata LaNyalla sebagaimana dikutip dari unggahannya di akun Twitter resminya @DPDRI di Jakarta, Jumat.

Sementara itu, mantan menteri dan ketua umum Partai Golkar periode 2009-2014, Aburizal Bakrie turut mendoakan keluarga Klemen Tinal diberi ketabahan dan kesabaran.

“Saya atas nama pribadi dan mewakili dewan pembina Partai Golkar turut berduka cita yang sedalam-dalamnya,” kata Aburizal sebagaimana dikutip dari akun Twitter pribadinya @aburizalbakrie di Jakarta, Jumat.

Baca juga: Menteri Kabinet Indonesia Maju berduka Wagub Papua Klemen Tinal wafat

Aburizal, dilihat dari unggahan fotonya di media sosial, melayat langsung ke Rumah Duka Sentosa, RSPAD Gatot Subroto, Jakarta, Jumat.

Tokoh senior Partai Golkar itu, yang mengenakan jaket partai, melayat ke rumah duka bersama Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto. Ia menemui keluarga Klemen dan menyampaikan ucapan bela sungkawa secara langsung ke keluarga mendiang Klemen Tinal.

Wagub Provinsi Papua Klemen Tinal wafat di RS Abdi Waluyo Menteng, Jakarta, pukul 04.00 WIB, Jumat. Sejauh ini, pemerintah belum menerangkan secara resmi sebab kematian Klemen.

Rencananya setelah disemayamkan di Jakarta, jasad Klemen akan diterbangkan ke Jayapura menumpang pesawat Garuda Airlines, Sabtu (22/5). Di Jayapura, jenazah Klemen akan disemayamkan di Gedung Negara Jayapura, kata Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Papua Dance Yulian Flassy.

Baca juga: Airlangga: Partai Golkar kehilangan putra terbaiknya, Klemen Tinal

Usai disemayamkan di Jayapura, jasad Klemen akan diterbangkan ke Timika, Minggu (23/5), menumpang pesawat herkules milik TNI.

Jenazah mendiang Klemen akan dimakamkan pada Senin (24/5) di pendopo milik almarhum di Timika, Kabupaten Mimika.

Walaupun demikian, rencana itu masih menunggu persetujuan pihak keluarga, terang Dance.

"Untuk Sabtu pagi (22/5), upacara penghormatan bagi jenazah Wagub Papua Klemen Tinal akan langsung ditangani oleh Pemprov Papua dan tidak akan melakukan upacara secara militer," kata Dance menambahkan.

Klemen, semasa hidupnya, tidak hanya aktif mendampingi Gubernur Lukas Enembe memimpin Provinsi Papua, tetapi almarhum juga aktif menjabat sebagai ketua umum Pengurus Besar Persatuan Olahraga Sepatu Roda Seluruh Indonesia (PB Porserosi) dan wakil ketua unum Pengurus Besar Pesta Olahraga Nasional (PON) XX Papua.

Baca juga: Mendagri sampaikan duka cita atas wafatnya Wagub Papua Klemen Tinal

Pewarta: Genta Tenri Mawangi
Editor: Joko Susilo
Copyright © ANTARA 2021