Kemarin, gempa bumi di Nias Barat hingga prioritas koneksi internet

id Gempa bumi,Kemendikbudristek,Baznas,Mendes,Minuman soda

Gempa bumi magnitudo 7,2 di Nias Barat. ANTARA/HO BMKG.

Jakarta (ANTARA) - Sejumlah berita Jumat (14/5), humaniora kemarin yang masih menarik untuk disimak, mulai dari gempa bumi magnitudo 7,2 guncang Nias Barat hingga sekolah menjadi prioritas untuk mendapatkan koneksi internet.

Berikut berita-berita tersebut :

- Gempa bumi M 7,2 guncang Nias Barat dan tidak berpotensi tsunami

Gempa bumi magnitudo 7,2 dirasakan kuat oleh masyarakat di Kabupaten Nias Barat, Sumatera Utara, pada Jumat (14/5) pukul 13:33 WIB, namun tidak berpotensi tsunami.

Dalam keterangan tertulis yang diterima ANTARA, Jakarta, Jumat, Kepala Sub Bidang Direktorat (Kasubdit) Tanggap Darurat Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Nias Barat, Hiramo mengatakan guncangan gempa bumi tersebut sempat membuat masyarakat panik dan keluar rumah.

- BAZNAS sebut kesadaran masyarakat OKU membayar ZIS masih rendah

Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan, menilai tingkat kesadaran masyarakat di daerah berjuluk Sebimbing Sekundang masih rendah dalam membayar zakat, infak dan shadaqah (ZIS) pada Ramadhan 1442 Hijriah.

Ketua BAZNAS Ogan Komering Ulu (OKU), Darman Safei di Baturaja, Jumat, menyebutkan pada Ramadhan tahun ini penyerapan ZIS hanya terserap sebesar Rp60 juta dari target Rp262 juta.

- Mendes: Pembangunan berbasis data percepat penyelesaian masalah desa

Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar optimistis bahwa pembangunan desa berbasis data indeks desa membangun (IDM) akan mempercepat penyelesaian masalah pedesaan seperti kemiskinan dan ekonomi.

"Ketika kita membangun di desa dengan data dan fakta yang ada maka saya yakin dalam waktu yang tidak lama permasalahan yang dihadapi, seperti kelaparan, 'stunting' (kekerdilan), pendidikan yang kurang berkualitas, pertumbuhan ekonomi yang melambat akan terselesaikan," ujar dia saat menghadiri halalbihalal dengan para kepala desa se-Indonesia secara virtual di Jakarta, Jumat.

- Sebaiknya tak suguhkan minuman bersoda saat Lebaran

Pakar gizi di Gorontalo Arifasno Napu, Jumat, mengatakan masyarakat sebaiknya tidak menyuguhkan minuman bersoda kepada tamu saat Lebaran.

Menurutnya banyak orang mengeluh perut menjadi kembung dan tidak nyaman, setelah mengonsumsi minuman bersoda.

- Kemendikbudristek pastikan sekolah jadi prioritas koneksi internet

Pelaksana tugas Kepala Pusat Data dan Teknologi Informasi (Pusdatin) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, RIset dan Teknologi (Kemendikbudristek), Hasan Chabibie mengatakan pihaknya bersama Kementerian Komunikasi dan Informatika memastikan sekolah menjadi prioritas untuk mendapatkan koneksi internet.

“Kami bekerja sama dengan Kominfo memastikan sekolah sebagai prioritas yang mendapatkan koneksi internet,” ujar Hasan di Jakarta, Jumat.
 

Pewarta : Zubi Mahrofi
Editor: Zita Meirina
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar