Menkes: Jaga orang yang dicintai dari penularan COVID-19

id Menkes, Budi Gunadi Sadikin, Idul Fitri, Pandemi COVID-19,Jaga orang yang dicintai,Jaga dari penularan COVID-19

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin saat menyampaikan pesan Idul Fitri secara virtual dari Jakarta. ANTARA/Tangkapan layar Youtube Kemenkes/pri.

Jakarta (ANTARA) - Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengemukakan kemenangan yang sesungguhnya di saat Idul Fitri 1442 hijriah/2021 masehi ini adalah menjaga orang yang dicintai terhindar dari penularan COVID-19.

"Saya memahami, bahwa merayakan hari kemenangan di masa pandemi ini tidaklah mudah. Namun demikian, kita akan menjadi pemenang yang sesungguhnya, ketika kita berhasil menjaga orang-orang yang kita cintai dari potensi penularan COVID-19 dengan tidak mudik," katanya saat menyampaikan pesan Idul Fitri secara virtual dari Jakarta, Kamis.

Baca juga: Menkes Budi nilai vaksinasi bisa tekan meledaknya biaya kesehatan

Budi mengatakan, Idul Fitri merupakan hari kemenangan bagi Umat Islam setelah menjalani puasa sebulan penuh di bulan Ramadhan.

Namun pada hari raya Idul Fitri kali ini, kata Budi, kaum Muslim menjalani suasana yang berbeda karena adanya larangan aktivitas mudik.

"Sehingga kita mungkin tidak bisa bersilaturahim seperti biasa, agar kita terhindar dari penularan COVID-19," katanya.

Baca juga: Kemenkes susun rencana imunisasi 14 jenis vaksin secara nasional

Namun agar tetap bisa terhubung dengan keluarga di kampung, Budi menyarankan masyarakat untuk memanfaatkan berbagai sarana teknologi komunikasi yang ada sebagai penyambung tali silaturahim.

"Saya Budi Sadikin, beserta seluruh keluarga besar Kementerian Kesehatan mengucapkan selamat Idul Fitri 1 syawal 1442 Hijriah Mohon maaf lahir dan batin," katanya menutup tayangan video.

Baca juga: Moeldoko surati Menkes agar bangun RSJ di enam provinsi

Hal senada juga disampaikan Wakil Menteri Kesehatan Dante Saksono yang juga disampaikan secara virtual.

"Kita tidak bisa bersilaturahim seperti biasa. Kita masih harus menahan diri agar dapat membantu menurunkan kasus COVID-19," katanya.

Dante mengajak masyarakat untuk menjadi pribadi yang tetap menjalankan protokol kesehatan 3M (Memakai masker, Mencuci tangan, Menjaga jarak serta Menjauhi kerumunan atau keramaian).

"Meski wajah tak mampu saling berjumpa, tangan tak bisa menjabat, semoga dengan adanya teknologi komunikasi yang ada, kita dapat memanfaatkannya sebagai sarana penyambung tali silaturahim keluarga di hari yang penuh kemenangan ini," katanya.

Baca juga: Menkes: Indonesia dapat tambahan dosis vaksin COVID-19

Sementara itu Ketua Satgas Penanganan COVID-19 Doni Monardo berpesan agar masyarakat patuh pada protokol kesehatan yang dianjurkan oleh pemerintah pusat hingga pengurus RT/RW.

"Semoga kita semua mendapatkan perlindungan dari Allah SAW serta terhindar dari ancaman penyakit COVID-19 dengan tetap mematuhi protokol kesehatan mengikuti anjuran dari pemerintah, baik di pusat sampai ke daerah bahkan sampai ke tingkat RT/RW," katanya.

Pewarta : Andi Firdaus
Editor: Tunggul Susilo
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar