Menlu Retno ajak masyarakat Indonesia berikhtiar atasi pandemi

id idul fitri 1442 H,menlu retno marsudi,pandemi covid 19,menlu retno idul firti,ucapan lebaran menlu,idul fitri menlu,aa

Dokumentasi - Menteri Luar Negeri Retno Marsudi. ANTARA/HO-Kemlu RI/aa.

Jakarta (ANTARA) - Menteri Luar Negeri Retno Marsudi pada Hari Raya Idul Fitri 1442H mengajak masyarakat Indonesia berikhtiar untuk segera keluar dari pandemi COVID-19.

“Marilah kita isi hari kemenangan ini dengan tekad untuk menjadi bagian dari solusi,” kata Retno dalam video ucapan Idul Fitri yang disampaikan oleh Kementerian Luar Negeri, Kamis.

Untuk itu, Menlu Retno mengajak masyarakat Indonesia untuk terus menaati protokol kesehatan dengan memakai masker, sering mencuci tangan, dan menjaga jarak.

Imbauan yang sama juga ia sampaikan kepada warga negara Indonesia (WNI) yang berada di luar negeri.

Sambil mengucapkan maaf lahir batin, Menlu Retno mengungkapkan harapan agar tahun ini menjadi tahun terakhir umat Muslim merayakan Idul Fitri di tengah pandemi.

Dalam video terpisah yang diunggah KBRI Stockholm, Retno meminta semua WNI di luar negeri untuk tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan dan mematuhi peraturan pemerintah setempat.

Menlu Retno menekankan bahwa kepatuhan terhadap peraturan setempat sangat penting untuk menjaga keamanan dan keselamatan pribadi, sekaligus menjaga nama baik bangsa Indonesia.

    View this post on Instagram           

A post shared by Indonesian Embassy Stockholm (@indonesiainstockholm)



Selain itu, dia juga berpesan agar persatuan dan kesatuan tetap terjaga di antara sesama WNI di luar negeri.

“Hubungan yang guyub sesama saudara di tanah rantau, adalah sesuatu yang sangat penting untuk saling menjaga, saling mendukung, dan saling menolong --terlebih di masa pandemi seperti ini solidaritas kebersamaan kita menjadi lebih penting lagi,” kata Retno.

“Saya berdoa semoga kita semua selalu diberi kesehatan dan selalu dalam lindungan Allah SWT. Semoga bangsa Indonesia, dan seluruh bangsa di dunia dapat segera terbebas dari pandemi COVID-19 dan dapat segera pulih dan bangkit lagi secara bersama," ujarnya.

Baca juga: Masjid-masjid di Beijing gelar shalat Idul Fitri untuk umum

Baca juga: Doa untuk Palestina Gigi Hadid hingga Natalie Portman di Idul Fitri


Pewarta : Yashinta Difa Pramudyani
Editor: Yuni Arisandy Sinaga
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar