Palangka Raya (ANTARA) - Kepolisian Daerah Kalimantan Tengah meminta masyarakat setempat yang melaksanakan shalat Idul Fitri 1442 Hijriah pada Kamis (13/5), agar tetap memperhatikan dan menegakkan protokol kesehatan sebagai upaya mencegah penyebaran COVID-19.

Kapolda Kalteng Irjen Pol Dedi Prasetyo melalui Kabid Humas Kombes Pol Kismanto Eko Saputro di Palangka Raya, Rabu, menyarankan agar masyarakat yang hendak melaksanakan shalat Idul Fitri di masjid, lapangan serta tempat ibadah lainnya tetap menggunakan masker.

Baca juga: Presiden dan Ibu Negara akan Shalat Id di Istana Bogor

Baca juga: 11.281 personel gabungan amankan Shalat Id


"Hal tersebut digalakkan agar shalat Idul Fitri 1442 Hijriah dapat berjalan lancar dan aman, tidak terjadi penularan COVID-19 saat kegiatan tersebut berlangsung," kata Eko.

Imbauan tersebut gencar dilakukan oleh personel Polda Kalteng guna mencegah terjadinya kontak fisik dan kerumunan yang cukup lama di suatu tempat. Jika dalam kondisi sakit atau kurang sehat, seperti demam tinggi, baru sembuh dari sakit maupun flu dan batuk agar menghindari pelaksanaan Shalat Id.

Dia mengatakan dalam edaran ketentuan pelaksanaan Shalat Idul Fitri, panitia harus mengupayakan secara optimal lapangan terbuka di lingkungan masing-masing untuk pelaksanaan kegiatan shalat Id. "Walaupun di masjid, dibatasi 50 persen dari kapasitas normal," ungkap Eko.

Perwira Polri berpangkat melati tiga itu mengatakan untuk menjamin lancarnya pelaksanaan shalat Id, Polda Kalteng akan menerjunkan sejumlah personel di beberapa titik pelaksanaan ibadah untuk memantau dan protokol kesehatan tetap dilaksanakan.

Kehadiran petugas disana juga menjaga keamanan jalannya shalat Id yang dilaksanakan pada Kamis (13/5). "Pelaksanaan shalat Id nantinya wajib menerapkan protokol kesehatan secara ketat, dengan menerapkan 3M, yakni mencuci tangan, memakai masker dan menjaga jarak," kata Eko.

Baca juga: Ketua DPD imbau warga di zona merah Shalat Id di rumah

Pewarta: Kasriadi/Adi Wibowo
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2021