Jakarta (ANTARA) - Thomas Tuchel memuji pendahulunya, Frank Lampard, yang disebutnya mewariskan mental pemenang di Chelsea, sebelum ia tiba dan mengantarkan The Blues ke dua partai final yakni Liga Champions dan Piala FA.

"Frank punya catatan luar biasa dalam fase grup Liga Champions dan memenangi semua pertandingan Piala FA yang dimainkan," kata Tuchel dilansir laman resmi Chelsea, Selasa malam.

"Jadi itu semua meletakkan pondasi bagi kami untuk mencapai dua final ini dan saya tidak akan pernah melupakannya," ujarnya menambahkan.

Tuchel mengaku bahwa kedatangannya sejak 26 Januari hanyalah melanjutkan pekerjaan yang sudah dimulai oleh Lampard.

"Saya selalu sadar bahwa Frank sudah menciptakan warisan di Chelsea, sebagai pemain dan lantas sebagai pelatih," katanya.

"Kami sadar bahwa kami datang di tengah musim dan hanya berusaha menyelesaikan pekerjaan yang diawalinya," ujar Tuchel melengkapi.

Baca juga: Werner merasa bersalah Lampard dipecat Chelsea
Baca juga: Chelsea tunda pesta juara Manchester City


Kendati memasuki empat bulan pertamanya sebagai pelatih Chelsea dengan sejumlah capaian gemilang, Tuchel menegaskan bahwa pekerjaan The Blues belum selesai.

Ia menegaskan sudah menjadi karakter Chelsea bahwa di tiap kompetisi yang diikuti, mereka selalu mematok target menjadi pemenang.

Selain tampil di dua final meraih hasil terbaik, Tuchel juga mematok Chelsea harus menuntaskan pekerjaan finis di empat besar Liga Premier Inggris musim ini.

"Sejak awal kami setuju bila Chelsea main di kompetisi apapun kami ingin memenanginya. Klub ini dibangun untuk konsisten memenangi pertandingan dan menjuarai kompetisi, dan sejak itu semua kami belum menjuarai apapun," katanya.

"Kami masih harus memainkan dua final dan harus finis di empat besar. Itu masih jadi tantangan. Pekerjaan belum selesai," pungkas Tuchel.

Chelsea, yang saat ini menempati urutan ketiga klasemen dengan koleksi 64 poin, akan menjamu Arsenal dalam laga pekan ke-36 Liga Inggris di Stamford Bridge pada Rabu waktu setempat (Kamis WIB).

Baca juga: Sisihkan Real, Chelsea ciptakan All-English Final ketiga Champions
Baca juga: Hakim Ziyech bawa Chelsea lewati City menuju final Piala FA
Baca juga: Old Trafford dijaga ketat jelang MU vs Leicester

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2021