Polresta Cirebon putar balik 1.479 kendaraan pemudik

id Larangan mudik

Kendaraan pemudik saat melintas di Pos Penyekatan Rawagatel, Kabupaten Cirebon. (ANTARA/Khaerul Izan)

Cirebon (ANTARA) - Kepolisian Resor Kota (Polresta) Cirebon, Jawa Barat, selama empat hari melakukan penyekatan pemudik baik roda dua maupun empat sudah memutarbalikkan sebanyak 1.479 kendaraan dan didominasi sepeda motor.

"Hingga Minggu siang, kami telah memutar balikkan kendaraan pemudik sebanyak 1.479 unit," kata Kapolresta Cirebon Kombes Pol M Syahduddi di Cirebon, Minggu.

Selain itu, pihaknya juga telah melakukan pemeriksaan kepada 3.751 kendaraan yang dicurigai akan mudik ke kampung halaman, namun setelah diperiksa hanya 1.479 kendaraan yang diputarbalikkan.

Jumlah tersebut lanjut Syahduddi, tersebar di sembilan titik pos penyekatan, baik yang berada di jalan tol maupun arteri.

Baca juga: Bupati minta warga Pati di perantauan tak mudik
Baca juga: Narasi tunggal larangan mudik harus tebih tegas sebelum terlambat
Baca juga: Tiga orang pemudik ke Sintang terdeteksi positif COVID-19


Ia mengatakan kendaraan yang diputarbalikkan terbanyak pada malam sampai dini hari, karena di waktu tersebut para pemudik yang melintas cukup banyak.

"Kalau siang hari pemudik sangat jarang, berbeda ketika malam sampai dini hari," tuturnya.

Untuk mengantisipasi pihaknya mempertebal petugas jaga di pos penyekatan mudik pada malam hingga dini hari, dikarenakan banyak yang memilih untuk berjalan di waktu tersebut.

Syahduddi mengatakan para pemudik yang nekat pulang biasanya pada tengah malam hingga dini hari. Dari data yang ada mulai jam 23.00 WIB sampai 04.00 WIB, banyak para pemudik melintasi wilayah hukum Polresta Cirebon.

Untuk itu, pihaknya akan melakukan pengetatan di pos penyekatan, terutama yang menjadi titik temu dari berbagai jalan, termasuk jalan tikus.

Pewarta : Khaerul Izan
Editor: M Arief Iskandar
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar