Bandara Radin Inten Lampung layani 93 penumpang perjalanan khusus

id Corona Lampung, larangan mudik, bandara Radin inten

Situasi Bandara Radin Inten II yang sepi penumpang. (ANTARA/Ruth Intan Sozometa Kanafi)

Bandarlampung (ANTARA) - Pengelola Bandara Radin Inten II Lampung mencatat selama pemberlakuan larangan mudik Lebaran 2021, telah melayani 93 orang penumpang perjalanan khusus.

"Untuk pelayanan penerbangan di Bandara Radin Inten II saat pelaksanaan larangan mudik terutama hari ini belum ada penerbangan, namun kemarin sempat melayani penerbangan bagi pelaku perjalanan khusus," ujar EGM Bandara Radin Inten II M Hendra Irawan saat dihubungi di Bandarlampung, Sabtu.

Bandara Radin Inten II mencatat telah melayani 93 penumpang khusus selama periode pelarangan mudik berlangsung, dan 85 persen di antaranya merupakan perjalanan dinas.

"Hanya 93 penumpang kemarin, terinci 80 orang perjalanan dinas dan 13 orang penumpang dengan kriteria khusus seperti berobat ataupun melahirkan," katanya lagi.

Menurutnya, selama penerapan larangan mudik Lebaran, jumlah penumpang selalu di bawah 100 orang, dengan jumlah maskapai yang melayani hanya dua maskapai.
Baca juga: Bandara Radin Inten II mulai gunakan GeNose tes COVID-19 penumpang

"Penumpang selalu di bawah 100 orang, lalu maskapai yang beroperasi hanya Garuda Indonesia dan satu maskapai perintis Susi Air," ujarnya pula.

Dia menjelaskan untuk mengantisipasi adanya penumpang yang hendak melakukan mudik Lebaran, pengelola bandar udara telah menyiapkan posko khusus untuk melakukan pengecekan persyaratan penerbangan khusus.

"Kami bekerjasama dengan seluruh stakeholder untuk melakukan pemeriksaan seluruh persyaratan seperti surat bebas COVID-19, dan surat keterangan dinas ataupun perjalanan khusus," ujarnya pula.

Ia mengatakan dalam pelaksanaan pemeriksaan persyaratan, sempat ditemukan ada penumpang yang mengalami kesalahan pencetakan surat.

"Ada satu penumpang yang salah mencetak bulan pada surat keterangan dan kami minta untuk diperbaiki, sehingga kami minta untuk calon penumpang agar dapat menyiapkan semua persyaratan penerbangan dengan teliti," ujarnya lagi.
Baca juga: Enam KA khusus layani penumpang Cirebon pada masa larangan mudik
Baca juga: Pelni Tanjungpinang tetap angkut penumpang mudik khusus wilayah Kepri

Pewarta : Ruth Intan Sozometa Kanafi
Editor: Muhammad Yusuf
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar