Puan minta Pemerintah persiapkan matang kebijakan jelang Idul Fitri

id DPR RI,Larangan mudik lebaran,Puan Maharani

Tangkapan Layar - Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia Puan Maharani membacakan pidato pembukaan Masa Persidangan V saat Rapat Paripurna DPR RI ke-17 di Gedung Nusantara II, Jakarta, Kamis (6/5/2021), sebagaimana disiarkan oleh kanal Youtube DPR RI. ANTARA/Genta Tenri Mawangi.

Jakarta (ANTARA) - Ketua DPR RI Puan Maharani meminta pemerintah menyiapkan dengan matang berbagai kebijakan terkait Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriah, salah satunya harus menyiapkan secara matang mekanisme dan sumber daya pendukung terkait kebijakan larangan mudik Lebaran 2021.

"Terkait kebijakan Pemerintah tentang pelarangan mudik pada Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriah, Pemerintah agar mempersiapkan secara matang mekanisme dan sumber daya pendukungnya sehingga penerapan dan pengawasan di lapangan akan konsisten," kata Puan di Kompleks Parlemen, Jakarta, Kamis.

Hal itu disampaikan Puan Maharani dalam Rapat Paripurna Pembukaan Masa Persidangan tahun sidang 2020-2021.

Puan menjelaskan, terkait kebijakan tentang pelarangan mudik pada Lebaran tahun ini, pemerintah harus menyiapkan secara matang mekanisme dan sumber daya pendukungnya.

Dia berharap masyarakat juga memahami bahwa pelarangan mudik dilakukan demi mencegah penularan COVID-19.

"Langkah itu agar penerapan dan pengawasan di lapangan akan konsisten," ujarnya.

Dia menjelaskan, terkait persiapan pelarangan mudik, dirinya memantau langsung pelaksanaannya di Terminal Harjamukti dan Stasiun Cirebon, Jawa Barat, Rabu (5/5).

Puan menyatakan dirinya akan terus mengawasi dan meminta petugas bekerja dengan disiplin, tegas, namun humanis dan santun dalam menghadapi warga yang bersikeras ingin mudik.

Selain itu dia juga meminta pemerintah memastikan ketersediaan dan kecukupan pasokan bahan makanan pokok di seluruh daerah menjelang Hari Raya Idul Fitri.

"Stabilitas harganya juga harus dijaga sehingga masyarakat tidak semakin terbebani dengan adanya kenaikan harga kebutuhan pokok," tutur-nya.


Pewarta : Imam Budilaksono
Editor: Chandra Hamdani Noor
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar